POSKOTA.CO.ID - Salah satu konsekuensi yang harus dihadapi nasabah pinjaman online (pinjol) adalah berurusan dengan Debt Collector (DC).
DC memiliki tugas untuk mengingatan dan menagih pembayaran kepada nasabah melalui berbagai cara.
Pertama, DC akan mengingatkan waktu pembayaran melalui pesan/chat kepada nomor telepon pribadi nasabah.
Jika melalui pesan tidak ada respon, maka biasanya DC pinjol akan menghubungi via telepon.
Selanjutnya, jika masih tak ada respon atau upaya pembayaran dari debitur, DC lapangan akan langsung turun untuk mendtangi rumah nasabah.
Dalam situasi saat nasabah mengalami galbay alias gagal bayar atau tidak dapat dihubungi, debt collector pinjol dapat mendatangi rumah nasabah untuk menagih utang.
Berikut adalah faktor-faktor yang biasanya mempengaruhi perusahaan pinjol untuk mengambil langkah mendatangi rumah nasabah:.
6 Alasan Pinjol Menugaskan DC Lapangan Datang ke Rumah Nasabah
1. Jumlah Tunggakan Utang
Nominal utang yang tertunggak menjadi faktor penting. Debt collector mungkin akan datang ke rumah nasabah jika jumlah tunggakan besar atau jika nasabah memiliki banyak pinjaman dari satu atau lebih platform.
Semakin besar nilai utang, semakin besar kemungkinan pinjol untuk melakukan penagihan langsung ke rumah.
2. Durasi Keterlambatan
Pinjol biasanya memberikan toleransi keterlambatan selama beberapa hari atau minggu tergantung pada kebijakan mereka.
Jika nasabah telah melewati masa tenggang tanpa pembayaran atau tanggapan, kemungkinan besar pinjol akan meningkatkan proses penagihan, yang dapat berujung pada kunjungan ke rumah.