POSKOTA.CO.ID - Pemerintah sudah mulai mencairkan saldo dana bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) periode September-Oktober 2024.
Saldo kedua bansos tersebut dicairkan untuk keluarga dengan golongan miskin atau rentan yang identitasnya terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Tidak hanya itu, identitas KPM juga harus masuk dalam Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) yang tersedia di akun SIKS-NG para pendamping sosial hingga operator Kabupaten/Kota.
Apabila sudah masuk dalam kedua data tersebut, maka saldo dana bantuan akan cair ke Kartu keluarga Sejahtera (KKS) KPM secara bertahap pada periode salur ini.
Nominal yang masuk ke KKS KPM BPNT adalah Rp400.000 untuk alokasi dua bulan. Sedangkan KPM PKH akan menerima nominal lebih bervariasi, sesuai komponennya masing-masing.
Selain itu KPM bansos PKH juga maksimal menerima bantuan untuk 4 orang di dalam satu Kartu Keluarga (KK). Karena itu, jumlahnya tidak pasti untuk setiap KPM.
Saldo dana BPNT dapat digunakan untuk membeli bahan pangan atau sembako hingga kebutuha vitamin dan mineral keluar. Sedangkan PKH bisa dimanfaatkan berdasarkan kebutuhan masing-masing komponen.
Kendati demikian akan menjadi masalah apabila bantuan kedua bansos tersebut belum juga cair, meskipun Anda sudah terdata di DTKS dan SP2D.
NIK di KTP Ata
Namun Anda tenang terlebih dahulu karena pencairan masih dilakukan secara bertahap meskipun 90 persen KPM sudah menerima. Tetapi apabila belum cair hingga periode selesai, Anda bisa melakukan beberapa hal beriku ini.
Cara Mengatasi Bansos PKH dan BPNT yang Belum Cair
Laporkan ke Kemensos Lewat Situs Web Resmi
- Buka situs web https://lapor.go.id/instansi/kementerian-sosial
- Pilih salah satu dari tiga pilihan yaitu ‘Pengaduan’, ‘Aspirasi’, atau ‘Permintaan Informasi’
- Setelah memilih misalnya ‘Pengaduan’, maka perhatikan cara menyampaikan pengaduan sebelum isi laporan yang diminta
- Tulis judul laporan dan kesimpulan permasalahan yang dialami untuk Kemensos
- Tuliskan laporan dengan menceritakan keluhan atau engaduan terkait bansos yang tidak cair ke Kemensos
- Jangan lupa juga sertakan data diri seperti nama dan NIK hingga rekening KKS pada isi laporan
- Pilih tanggal dan lokasi
- Pilih kategori laporan
- Upload lampiran pendukung
- Apabila laporan sudah menjelaskan semua masalah, maka klik ‘LAPOR!’
- Selesai
Hubungi ke Hotline Bansos Kemensos
- Nomor telepon: 0811-10-222-10
- Email: [email protected]