352 UMKM Binaan Tingkatkan Daya Saing Produk lewat Program Nutrition Fact Rumah BUMN Telkom

Kamis 03 Okt 2024, 18:23 WIB
Salah sebuah produk milik UMKM yang mengikuti program Nutrition Fact oleh Rumah BUMN Telkom. (Dok. Telkom Indonesia)

Salah sebuah produk milik UMKM yang mengikuti program Nutrition Fact oleh Rumah BUMN Telkom. (Dok. Telkom Indonesia)

POSKOTA.CO.ID - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Rumah BUMN Telkom menyelenggarakan program Nutrition Fact secara serentak di seluruh wilayah Rumah BUMN Telkom sejak Maret 2024.

Sepanjang 2024, program ini diikuti 352 UMKM dengan lebih dari 680 produk yang berasal dari jenis makanan dan minuman berbeda, mulai kripik, sambal, kue kering, hingga kacang-kacangan.

Senior General Manager Social Responsibility Center Telkom Hery Susanto mengungkapkan, acara tersebut mendorong peningkatan kualitas usaha UMKM Binaan dan memperoleh kepercayaan konsumen.

“Telkom Indonesia mendorong peningkatan kelas teman-teman UMKM Binaan dari berbagai aspek. Salah satunya dengan pengadaan program nutrition fact yang diharapkan mampu membantu UMKM untuk memperoleh kepercayaan dari customer. Hal ini kami upayakan untuk mendorong peningkatan kualitas usaha yang dijalankan oleh UMKM Binaan sehingga mampu bersaing di pasar digital, nasional, bahkan di pasar internasional," ungkap Hery melalui keterangan resmi yang diterima Poskota, Kamis, 3 Oktober 2024.

Dalam beberapa tahun terakhir, kesadaran konsumen akan kesehatan termasuk kepada makanan yang dikonsumsi semakin tinggi. Tren ini disebabkan oleh beberapa faktor, satu di antaranya kemudahan mengakses informasi melalui internet mengenai makanan bergizi seimbang.

Mengutip laporan dari International Food Information Council (IFIC) pada 2023, 81 persen konsumen membaca label nutrisi sebelum membeli produk makanan. Hal ini menunjukkan UMKM yang menyediakan label nutrition fact pada kemasan produknya tidak hanya memenuhi permintaan pasar, tetapi memperkuat kepercayaan konsumen dan meningkatkan daya saing produk.

Hal ini juga ditegaskan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor 26 Tahun 2021 mengenai pencantuman nutrition fact pada kemasan produk.

Pemilik Padma Herbal, Ellida Pande dari Rumah BUMN Telkom Kab. Tabanan, Bali mengaku terbantukan dengan pembuatan label nutrition fact pada kemasan produk.

”Terima kasih Telkom atas kesempatan yang diberikan kepada Padma Herbal untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk Padma Herbal sehingga kami bisa bersaing dengan kompetitor lainnya. Selain itu, dengan adanya program ini, Padma Herbal juga bisa menjangkau pasar secara luas bahkan sampai pasar internasional.” ujarnya.

Program Nutrition Fact merupakan bentuk komitmen Telkom dalam berkontribusi pada peningkatan kesadaran konsumen akan makanan yang dikonsumsi dan sebagai bentuk dukungan Telkom untuk UMKM agar dapat senantiasa memperkuat kepercayaan konsumen dan meningkatkan daya saing produknya. (Ril)

Dapatkan berita serta informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.

Berita Terkait
News Update