Opsi ini akan membawa Anda ke halaman pengecekan data penerima PIP. Pada halaman ini, Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi penting terkait siswa yang hendak dicek status penerimanya.
3. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
Selanjutnya, masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) siswa yang bersangkutan. NISN adalah nomor unik yang diberikan kepada setiap siswa yang terdaftar di sekolah.
4. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
Setelah memasukkan NISN, langkah berikutnya adalah memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) siswa. NIK dapat ditemukan di Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) siswa.
Pastikan NIK yang dimasukkan sesuai dengan data yang tercatat di dokumen resmi untuk memastikan validitas pengecekan.
5. Masukkan Captcha
Sebelum melakukan pengecekan, Anda akan diminta untuk mengisi captcha. Captcha ini biasanya berupa hasil perhitungan matematika sederhana yang bertujuan untuk memastikan bahwa pengecekan dilakukan oleh manusia, bukan oleh sistem otomatis. Isilah hasil perhitungan tersebut dengan benar.
6. Klik "Cek Penerima PIP"
Setelah semua informasi telah diisi dengan benar, langkah terakhir adalah klik tombol "Cek Penerima PIP." Sistem kemudian akan memproses data yang Anda masukkan dan menampilkan hasil pengecekan.
7. Hasil Pengecekan
Jika nama siswa muncul pada hasil pengecekan, berarti siswa tersebut telah terdaftar sebagai penerima PIP. Sebaliknya, jika nama siswa tidak muncul, maka siswa tersebut belum terdaftar sebagai penerima PIP.