Penyaluran bansos PKH dilakukan melalui dua metode yakni di PT Pos Indonesia atau Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang terdiri dari BNI, BRI, BTN, Mandiri, dan BSI.
KPM yang mencairkan dana bansos PKH melalui PT Pos Indonesia bisa mengunjungi kantor pos terdekat. Biasanya uang akan cair per tiga bulan sekali atau empat tahap dalam satu tahun.
Sementera untuk dana yang cair ke rekening Himbara dapat ditarik menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Merah Puth dalam proses pencairan bansos di mesin ATM bank penyalur masing-masing.
Biasany pemerintah menyalurkan dana tersebut per dua bulan atau sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
Cara Cek Bansos PKH Lewat HP
Para KPM bansos sudah bisa memeriksa status penerimaan secara mandiri menggunakan perangkat mendukung semisal HP. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan pengecekan.
- Buka browser dan akses laman resmi Cek Bansos Kemensos di link cekbansos.kemensos.go.id
- Masukkan alamat sesuai domisili dimulai dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa
- Isi nama penerima manfaat
- Masukkan empat kode huruf 'Captcha' yang tersedia
- Klik 'Cari Data' dan tunggu hasil yang akan muncul di layar Anda
Itulah informasi seputar dana bansos PKH hingga cara melakukan pengecekan secara mandiri.
Perlu diperhatikan, pencairan bansos PKH dilakukan secara bertahap. Oleh karena itu, KPM diharap menunggu penyaluran sesuai periodenya dan tetap melakukan pemeriksaan status penerimaan secara berkala.
Disclaimer: Infomasi dalam artikel ini cukup terbatas. Apabila Anda memiliki pertanyaan, silakan menghubungi pendamping sosial atau pemerintah setempat.
Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.