Masa Sanggah CPNS, Pengertian dan Proses Pengajuan yang Harus Ditempuh

Jumat 30 Agu 2024, 23:14 WIB
Ilustrasi seleksi CPNS 2024 untuk Pemprov DKI Jakarta. (X/@kihyunie_kh)

Ilustrasi seleksi CPNS 2024 untuk Pemprov DKI Jakarta. (X/@kihyunie_kh)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), terdapat tahap penting yang dikenal sebagai masa sanggah

Masa sanggah adalah waktu yang diberikan kepada pelamar untuk mengajukan sanggahan jika mereka merasa ada ketidaksesuaian atau ketidakadilan dalam pengumuman hasil seleksi, baik itu seleksi administrasi maupun Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). 

Selain itu, masa sanggah juga menjadi waktu bagi instansi untuk meninjau kembali kesesuaian dokumen persyaratan yang diajukan pelamar dengan syarat yang ditetapkan.

Proses Pengajuan Sanggah

Apabila seorang pelamar merasa keberatan dengan hasil seleksi administrasi atau SKB, mereka memiliki hak untuk mengajukan sanggahan. 

Pengajuan sanggahan harus disampaikan paling lambat 3 (tiga) hari kalender setelah pengumuman hasil seleksi dirilis. Untuk mengajukan sanggahan, pelamar harus mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Login ke Halaman SSCN

Pelamar harus masuk ke halaman SSCN melalui tautan https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login.

2. Pengisian Sanggahan

Setelah masuk, pelamar dapat mengisi sanggahannya dengan menjelaskan secara rinci kronologis peristiwa yang menjadi dasar sanggahan. 

Di sini, pelamar juga harus mengunggah bukti pendukung yang relevan untuk memperkuat sanggahan mereka.

Verifikasi dan Pengumuman Ulang

Setelah sanggahan diajukan, instansi terkait bertanggung jawab untuk memverifikasi kembali kesesuaian dokumen persyaratan yang telah diajukan oleh pelamar.

Jika pelamar berhasil membuktikan bahwa dokumen yang mereka unggah sesuai dengan persyaratan umum dan khusus yang ditetapkan oleh instansi, maka instansi wajib mengumumkan ulang hasil seleksi. 

Proses tersebut harus diselesaikan dalam waktu paling lama 7 (tujuh) hari kalender setelah berakhirnya masa pengajuan sanggah.

Penting untuk diingat bahwa dokumen yang digunakan sebagai dasar sanggahan haruslah data yang sama yang telah diunggah saat pendaftaran awal di SSCASN. 

Hal ini untuk memastikan bahwa proses sanggah berjalan dengan adil dan transparan.

Melalui masa sanggah pelamar mendapatkan kesempatan untuk memastikan bahwa hasil seleksi diumumkan secara adil dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Dengan adanya masa sanggah, pelamar memiliki hak untuk mengajukan keberatan dan mendapatkan kejelasan atas hasil seleksi yang mereka terima, serta memastikan bahwa setiap tahap seleksi dilakukan dengan transparansi dan memenuhi prinsip keadilan.

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari. 

Berita Terkait

News Update