JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Penerima manfaat Program Indonesia Pintar (PIP) akan menerima bantuan sebesar Rp1.800.000 yang akan disalurkan melalui rekening bank yang telah didaftarkan dan terdaftar dalam sistem.
Pastikan untuk memeriksa informasi dari sekolah atau dinas pendidikan mengenai bank yang ditunjuk untuk pencairan dana PIP.
Biasanya, penyaluran dana PIP dilakukan melalui bank-bank yang telah ditetapkan oleh pemerintah, seperti:
- Bank Rakyat Indonesia (BRI)
- Bank Negara Indonesia (BNI)
- Bank Mandiri
Namun, untuk mencairkan dana bansos PIP di bank, Anda harus mengaktifkan rekening penerima bantuan terlebih dahulu.
Cara Aktivasi Rekening Penerima PIP 2024
Sebelum memulai aktivasi, pastikan Anda sudah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan, seperti:
- Surat keterangan aktivasi rekening yang dikeluarkan oleh sekolah
- Identitas penerima PIP, seperti KTP atau Kartu Pelajar (baik siswa berusia 17 tahun atau wali siswa)
- Datang ke bank yang bekerja sama dengan PIP Kemendikbud (BNI, BSI, Bank Mandiri, atau BRI)
- Mengisi formulir pembukaan rekening SimPel PIP
- Ikuti petunjuk selanjutnya dari pihak bank.
Cara Cek Siswa Penerima PIP
Setiap siswa bisa memeriksa apakah mereka terdaftar sebagai penerima PIP dengan langkah-langkah berikut:
1. Kunjungi laman pip.kemdikbud.go.id
2. Pada kolom “Cari Penerima PIP,” masukkan data NISN, NIK, dan captcha
3. Klik “Cek Penerima PIP”
4. Informasi status penerima PIP akan ditampilkan
Terakhir, pantau perkembangan program dan laporkan ke instansi berwenang jika ada masalah atau ketidaksesuaian, agar program PIP dapat terus ditingkatkan.
Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.