JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI secara rutin setiap tahun memberikan Bantuan Sosial (Bansos) sebesar Rp2.400.000 kepada pemilik Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang telah dipilih.
Simak cara daftar di aplikasi Cek Bansos Kemensos di akhir artikel.
Jika identitas Anda, termasuk Nama dan NIK pada E-KTP serta Kartu Keluarga (KK), tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) terbaru, Anda berhak menerima saldo dana Bansos dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).
Dana tersebut akan ditransfer ke rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang diterbitkan oleh bank-bank Himbara.
Rekening KKS dapat dibuka di bank-bank Himbara, termasuk Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, dan khusus untuk Provinsi Aceh, juga tersedia di Bank Syariah Indonesia (BSI).
Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tinggal di wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T), penyaluran bantuan sosial akan dilakukan melalui PT Pos Indonesia dengan dukungan dari jaringan kantor pos yang tersebar di seluruh Indonesia.
Dalam proses penyalurannya, Kementerian Sosial (Kemensos) bermitra dengan PT Pos Indonesia untuk mendistribusikan bantuan kepada KPM yang belum memiliki rekening KKS, terutama di wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T).
Jadwal Penyaluran Bansos
Penyaluran Bansos BPNT dilakukan dengan dua opsi: setiap dua bulan atau setiap tiga bulan. Jika dilakukan setiap dua bulan, bantuan diberikan sebanyak 6 kali dalam setahun dengan nominal sebesar Rp400.000 per tahap.
Jika dilakukan setiap tiga bulan, bantuan diberikan dalam 4 tahap per tahun, dengan nominal Rp600.000 per tahap. Secara bulanan, dana BPNT bernilai Rp200.000.
NIK E-KTP Atas Nama Anda Lolos Validasi, Terima Saldo Dana Bansos BPNT Rp2.400.000, Simak Cara Daftarnya
Saat ini, penyaluran bantuan sosial dilakukan melalui rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang diterbitkan oleh bank-bank Himbara, termasuk BSI, BRI, BNI, dan Mandiri.