InterSystems Gunakan AI Bantu Pelayanan Pasien di Rumah Sakit, Produk TrakCare Jadi Unggulan

Rabu 21 Agu 2024, 19:33 WIB
Demonstrasi penggunaan produk InterSystems, TrakCare, yang menampilkan pasien dan dokter di hadapan tamu undangan dari kalangan stakeholder di bidang kesehatan. Pemeragaan ini berlangsung di Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2024. (Poskota/Umar Mukhtar)

Demonstrasi penggunaan produk InterSystems, TrakCare, yang menampilkan pasien dan dokter di hadapan tamu undangan dari kalangan stakeholder di bidang kesehatan. Pemeragaan ini berlangsung di Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2024. (Poskota/Umar Mukhtar)

POSKOTA.CO.ID - Perusahaan teknologi data, InterSystems, mengimplementasikan Artificial Intelligence (AI) untuk mempermudah pelayanan di rumah sakit maupun institusi kesehatan lainnya.

Vice President of Strategic Planning at InterSystems, Paul Grabscheid, mengatakan, InterSystems telah berkiprah selama 46 tahun. Sampai sekarang, perusahaan masih dijalankan oleh sang pendiri.

Di antara lini bisnis InterSystems adalah melakukan pengelolaan, pertukaran, dan menganalisis data dengan menggunakan AI. Perusahaan memiliki platform bernama IRIS yang telah mengadopsi teknologi canggih AI.

Paul menjelaskan, dulu, proses transaksi dan analisis data dilakukan dengan menggunakan dua sistem yang berbeda. Tetapi sekarang, dengan adanya InterSystems IRIS, proses pengelolaan, transaksi dan analisis data bisa dilakukan dalam satu waktu.

"Saat ini IRIS menjadi produk utama kami," kata Paul dalam konferensi pers InterSystems Asia Healthcare Summit, di Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2024.

Salah satu produk turunan dari IRIS adalah TrakCare, yang kini menjadi produk unggulan InterSystems. TrakCare adalah teknologi yang mengadopsi AI dengan tujuan untuk mempermudah pencatatan data di rumah sakit atau institusi kesehatan lainnya.

Dalam kesempatan itu, InterSystems juga memeragakan bagaimana canggihnya TrakCare dalam menangani pasien yang menyampaikan keluhan kepada dokter. Pemeragaan atau domonstrasi penggunaan TrakCare ini dilakukan di hadapan tamu undangan dari kalangan pihak rumah sakit.

Di panggung acara tersebut, pasien duduk di hadapan dokter, lalu menyampaikan keluhan kepada dokter. Dia menyampaikan begitu banyak keluhan dengan panjang lebar kepada dokter. Sesekali dokter bertanya balik tentang riwayat penyakit yang pernah dialami oleh pasien. Pasien pun menjawabnya.

Alhasil, semua yang telah disampaikan oleh pasien itu kemudian bisa dilihat melalui tampilan aplikasi TrakCare yang telah mengadopsi AI. Secara otomatis, di aplikasi tersebut akan muncul deretan keluhan pasien, beserta diagnosa penyakit yang tengah dideritanya.

Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat rekaman pembicaraan pasien secara rinci. Ini mempermudah dokter dalam merinci secara detail setiap keluhan pasien sehingga bisa mengambil keputusan penanganan dengan tepat.

Paul menekankan, produk InterSystems yang telah mengadopsi AI akan memberikan efisiensi terhadap proses pelayanan kesehatan di rumah sakit maupun lembaga-lembaga kesehatan.

Berita Terkait

News Update