Cara Aktivasi Rekening untuk Pencairan Saldo Bansos Rp1.800.000 dari PIP via Bank BRI BNI atau Mandiri

Rabu 14 Agu 2024, 12:07 WIB
Sebelum datang ke bank untuk mencairkan dana bansos PIP, pastikan Anda sudah aktivasi rekening pencairan PIP.(pip.kemdikbud.go.id/edited Dadan)

Sebelum datang ke bank untuk mencairkan dana bansos PIP, pastikan Anda sudah aktivasi rekening pencairan PIP.(pip.kemdikbud.go.id/edited Dadan)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Penerima manfaat akan menerima saldo dana bansos PIP senilai Rp1.800.000 melalui rekening bank yang telah didaftarkan dan terdaftar dalam sistem.

Pastikan untuk memeriksa informasi yang diberikan oleh sekolah atau dinas pendidikan untuk memastikan bank mana yang digunakan untuk pencairan dana PIP.

Rekening pencairan Program Indonesia Pintar (PIP) umumnya dilakukan melalui bank-bank yang ditunjuk oleh pemerintah. Bank-bank tersebut meliputi:

  • Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  • Bank Negara Indonesia (BNI)
  • Bank Mandiri

Namun untuk mencairkan dana bansos PIP di bank, Anda harus mengaktivasi rekening penerima bantuan bansos PIP. 

Cara Aktivasi Rekening Penerima PIP 2024

Sebelum memulai proses aktivasi, pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan. Dokumen utama biasanya meliputi:

  1. Siapkan surat keterangan aktivasi rekening yang dikeluarkan oleh sekolah
  2. Siapkan identitas pengenal penerima PIP, bisa berupa KTP atau Kartu pelajar, baik siswa (yang sudah berumur 17 tahun) maupun wali siswa
  3. Datang ke bank yang sudah bekerja sama dengan PIP Kemendikbud (BNI, BSI, Bank Mandiri dan BRI)
  4. Mengisi formulir pembukaan rekening SimPel PIP
  5. Ikuti instruksi selanjutnya dari pihak bank.

Cara Cek Siswa Penerima PIP

Setiap siswa dapat mencari tahu apakah dirinya termasuk penerima PIP atau belum. Berikut cara untuk mengeceknya:

  • Kunjungi laman pip.kemdikbud.go.id
  • Pada kolom “Cari Penerima PIP”, masukkan data NISN, NIK, dan captcha
  • Klik “Cek Penerima PIP”
  • Anda akan melihat informasi status penerima PIP

Terakhir, pantau perkembangan program dan laporkan ke instansi berwenang jika ada masalah atau ketidaksesuaian.

Laporan yang tepat waktu akan membantu instansi berwenang dalam meningkatkan program PIP.

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari. 

Berita Terkait
News Update