JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Kamu termasuk orang yang gagal seleksi Kartu Prakerja hingga tiga kali tapi tetap ingin daftar gelombang selanjutnya? Coba ikuti beberapa Langkah ini agar hal itu bisa dilakukan.
Pihak Kartu Prakerja seberanya telah menyediakan Solusi untuk kamu yang tidak lulus seleksi melalui akun sosial media Instagram resmi @prakerja.go.id.
Caranya, pihak pelaksana telah menyediakan pengumuman form aduan gagal seleksi yang bisa diisi dan diajukan kembali
Hingga penyelenggaraannya pada 2024 ini, banyak orang sudah lolos seleksi dan menjadi peserta dan mendapatkan dana insentif.
Cara Mengajukan Pengaduan Gagal Lolos Seleksi
Meski begitu, ternyata banyak juga yang sering gagal seleksi Kartu Prakerja, bahkan ada beberapa di antaranya yang selalu gagal sejak gelombang 1 bergulir.
Peserta Kartu Prakerja 2024 ini akan menerima dana insentif dan pelatihan kerja jika berhasil lolos seleksi. Namun dalam perjalanannya, kendala tetap akan terasa.
Jika kamu takdirnya selalu gagal, maka pihak Kartu Prakerja memperbolehkan calon peserta Kartu Prakerja yang kerap gagal seleksi ini untuk mengisi surat pernyataan gagal seleksi 3 kali.
Surat pernyataan gagal seleksi tersebut bisa diunduh melalui link khusus yang disediakan Panitia Kartu Prakerja.
Isi surat pernyataan dengan data diri hingga tanda tangan asli dari pelapor. Lalu, kirimkan surat tersebut ke email [email protected].
Selain itu, para calon peserta masih bisa memanfaat fitur aduan lainnya, meskipun bukan form aduan resmi gagal 3 kali seleksi Kartu Prakerja.
Form aduan tersebut tersedia ternyata suda ada di dalam dashboard akun Kartu Prakerja masing-masing akun.
Tips Daftar Kartu Prakerja
Untuk dapat mendaftar program Kartu Prakerja di Indonesia, kamu bisa mengikuti tips daftar berikut ini agar bisa membuka peluang lolos lebih lebar:
- Cek Kelayakan. Pastikan telah memenuhi syarat sebagai peserta Kartu Prakerja.
- Buka Situs Resmi. Kunjungi situs resmi Kartu Prakerja di prakerja.go.id.
- Daftar Akun. Klik "Daftar" atau "Buat Akun" dan ikuti instruksi untuk memasukkan data pribadi.
- Verifikasi Akun. Setelah mendaftar, kamu akan menerima email atau SMS untuk verifikasi akun. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan proses verifikasi.
- Isi Data Pribadi: Setelah akun aktif, masuk ke situs dan lengkapi data pribadi yang diminta, seperti alamat, pendidikan, dan status pekerjaan.
- Ikuti Tes. Caranya bisa sesuai petunjuk di situs.
- Tunggu Pengumuman. Ini akan diumumkan melalui email atau di situs web Kartu Prakerja.
- Pilih Pelatihan. Jika diterima, kamu dapat memilih pelatihan yang diinginkan dari berbagai pilihan yang tersedia di platform mitra pelatihan.
- Lakukan Pembayaran. Setelah memilih pelatihan, ikuti prosedur untuk membayar biaya pelatihan dengan menggunakan dana Kartu Prakerja yang sudah disediakan.
- Ikuti Pelatihan:. Selesaikan pelatihan yang telah dipilih sesuai jadwal dan persyaratan yang ditentukan.
- Dapatkan Sertifikat dan Insentif. Setelah menyelesaikan pelatihan, kamu akan mendapatkan sertifikat dan dana insentif berupa uang tunai yang bisa digunakan sesuai ketentuan program.