Isilah kolom yang disediakan dengan data provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa sesuai dengan tempat tinggal Anda. Data yang tepat sangat penting untuk memastikan pencarian data yang akurat.
3. Masukkan Identitas Pribadi
Pada kolom berikutnya, masukkan nama lengkap Anda sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang terdaftar.
Selain itu, Anda juga perlu mengisi kolom captcha yang berfungsi untuk memastikan bahwa Anda bukan robot.
Captcha adalah kode verifikasi yang sering kali terdiri dari huruf atau angka yang perlu Anda ketik dengan benar.
4. Klik “Cari Data”
Setelah mengisi semua kolom dengan benar, klik tombol “Cari Data” untuk memulai proses pengecekan. Sistem akan memproses data yang Anda masukkan dan menampilkan hasilnya.
5. Periksa Hasil Pengecekan
Jika nama Anda terdaftar sebagai penerima, informasi mengenai status penerimaan dan periode bantuan akan ditampilkan secara jelas di layar.
Ini termasuk detail tentang kapan Anda dapat mengklaim bantuan dan berapa jumlah bantuan yang akan diterima.
Namun, apabila nama Anda tidak muncul dalam daftar, Anda akan mendapatkan pesan yang menyatakan “Tidak Terdapat Peserta/PM”.
Hal ini bisa terjadi jika data Anda belum diperbarui dalam sistem atau Anda belum terdaftar sebagai penerima bantuan.