Ternyata Ini Penyebab Insentif Gagal Cair, Simak dan Klaim Saldo DANA Gratis Rp700.000 ke E-Wallet Kamu!

Senin 15 Jul 2024, 15:23 WIB
Penyebab insentif saldo DANA gratis Rp700.000 gagal cair. (Poskota.co.id/Della Amelia)

Penyebab insentif saldo DANA gratis Rp700.000 gagal cair. (Poskota.co.id/Della Amelia)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Saldo DANA gratis Rp700.000 dari pemerintah bisa kamu dapatkan dari insentif Kartu Prakerja setelah menyelesaikan beberapa ketentuan program.

Pencairan dilakukan apabila peserta berhasil mengikuti minimal pelatihan pertama. Adapun pembelian pelatihan pertama dilakukan dalam waktu 15 hari setelah pengumuman lolos gelombang.

Insentif Prakerja merupakan uang gratis yang diberikan pemerintah sebagai bonus untuk peserta karena telah merampungkan pelatihan Kartu Prakerja.

Kamu bisa mencairkan insentif sebesar Rp700.000 ke rekening pribadi atau e-wallet semisal DANA.

Ada dua jenis insentif yang bisa kamu terima yaitu:

  • Insentif pascapelatihan sebesar Rp600.000
  • Insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp100.000

Kamu bisa cairkan keduanya sebagai uang saku tambahan yang bermanfaat untuk kebutuhan harian seperti membeli kuota, membayar tagihan listrik, mengganti uang makan selama ikut pelatihan, dan lain sebagainya.

Meski begitu, kendala dalam pencairan uang bisa saja terjadi. Tentunya, hal tersebut dapat menghambat kamu untuk klaim saldo DANA gratis dari pemerintah.

Oleh karenanya, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu beberapa hal yang menyebabkan insentif gagal dicairkan.

Penyebab Insentif Gagal Cair

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan insentif Rp700.000 gagal cair, di antaranya:

  • Belum memberikan ulasan (review) pelatihan di dashboard Prakerja
  • Belum mengisi penilaian (rating) pelatihan di dashboard Prakerja
  • Nomor rekening atau e-wallet DANA yang Anda daftarkan pada Kartu Prakerja tidak aktif
  • Akun e-wallet DANA anda belum upgrade ke versi premium dengan verifikasi KTP dan swafoto
  • Data KTP dan swafoto yang Anda daftarkan pada akun DANA tidak sesuai dengan yang didaftarkan pada Kartu Prakerja

Pastikan beberapa hal tersebut telah terpenuhi dengan benar. Apabila sudah sesuai, maka Tim Prakerja akan menjadwalkan kembali pencairan saldo DANA berikutnya.

Anda diimbau untuk memeriksa riwayat insentif secara berkala. Jika belum menerima uang dalam jangka waktu yang telah ditentukan, peserta dapat menghubungi Prakerja melalui:

  • Formulir Pengaduan
  • Call Center 08001503001 (Senin-Minggu 08.00-20.00 WIB)
  • Fitur Live Chat yang terdapat di situs Prakerja

Dapatkan berita pilihan editor dan informasi menarik lainnya di saluran WhatsApp resmi Poskota.co.id. GABUNG GRATIS DI SINI.

Berita Terkait

News Update