POSKOTA.CO.ID - Penasaran bagaimana cara dapat uang dari TikTok? Caranya ada banyak sehingga kamu bisa memilihnya sesuai keinginan.
Aplikasi media sosial TikTok, bagaimana pun, tetap menjadi platform media sosial yang sangat populer sejak awal berdiri. Medsos memanfaatkan ketenaran awalnya karena orang-orang tertarik pada kontennya yang ringan dan berdurasi pendek.
Lonjakan popularitas ini berarti TikTok sudah matang dengan peluang pendapatan, dan bisa jadi ladang bagi kamu untuk menghasilkan uang.
Bagaimana caranya? Berikut 5 cara dapat uang dari TikTok, seperti dikutip dari laman Hoot Suite, Sabtu, 13 Juli 2024.
1. Ikut Program Kreativitas TikTok
Sejak tahun 2020, TikTok telah menawarkan program kepada pembuat konten paling populer untuk memonetisasi konten. Lalu pada November 2023 TikTok mengumumkan beberapa perubahan pada cara kerjanya, bergantung pada lokasi Anda di dunia.
Program Kreativitas TikTok dimulai 16 Desember 2023. Hal ini memungkinkan pembuat konten menghasilkan lebih banyak uang dengan mengunggah video dalam waktu satu menit.
Tapi kamu harus memiliki minimal 10 ribu pengikut dan 100 ribu tampilan dalam 30 hari terakhir. Penghasilan juga akan didasarkan pada penayangan dan metrik keterlibatan TikTok lainnya.
Kamu sebagai content creator harus memenuhi beberapa prasyarat untuk bergabung dengan program ini dan mulai menerima uang dari platform.
Kreator konten yang menjadi anggota program tersebut, memperoleh uang berdasarkan jumlah keterlibatan yang mereka peroleh pada konten mereka.
2. Gunakan Iklan TikTok
Sekitar 67% anak berusia 18-19 tahun dan 56% anak berusia 20-29 tahun di dunia menggunakan TikTok. Hal ini menjadikan pemasaran TikTok sebagai pilihan periklanan yang kuat bagi merek yang ingin memasarkan produk mereka ke Gen Z.
Iklan TikTok hadir dengan alat sederhana dan canggih untuk membantu kamu beriklan ke jutaan pengguna.
Format iklan bervariasi berdasarkan wilayah, namun semuanya memungkinkan kamu mempersonalisasi penargetan berdasarkan usia, lokasi, minat, dan faktor lainnya.
Kamu juga dapat memilih satu atau beberapa format yang paling sesuai untuk merek kamu.
Jenis iklan TikTok yang paling populer antara lain:
- Video dalam feed: Muncul di Halaman Untuk Anda pengguna TikTok yang memenuhi parameter penargetan kamu.
- Brand takeover: Ini memungkinkan iklan kamu meluas ke seluruh tampilan secara lebih lebar selama beberapa detik. Kemudian menjadi iklan video in-feed.
- Tantangan hashtag: Ciptakan tantangan menarik yang mendorong konten buatan pengguna. Tantangan-tantangan ini muncul di bagian Discovery di TikTok. Opsi ini hanya tersedia bagi brand terkelola yang bekerja sama dengan perwakilan penjualan TikTok.
3. Dari Tip atau Donasi
TikTok telah memperkenalkan fitur pemberian tip yang memungkinkan pembuat konten tertentu mendapatkan uang dari tip dan donasi. Para penggemar dapat menggunakan fitur ini untuk menunjukkan rasa terima kasihnya kepada pencipta yang mereka cintai.
Tidak hanya itu, hadiah video memungkinkan pemirsa mengirimkan hadiah dan koin virtual kepada kreatornya.
Karena hal itulah, beberapa kreator konten TikTok dapat mengumpulkan hadiah selama live streaming. Kemudian hadiah dapat ditukarkan dengan berlian, mata uang digital TikTok.
Jika kamu menyimpan cukup Berlian, kamu dapat menukarkannya dengan uang sungguhan.
Kreator juga dapat menggunakan platform pemberian tip untuk mendapatkan uang. Tipeee, Ko-fi, dan Buy Me a Coffee dapat dihubungkan ke akun TikTok Anda untuk berfungsi sebagai toples tip.
4. Collabs Sesama Kreator Konten
Sprout Social Index™ terbaru menunjukkan bahwa 33% Gen Z dan 28% generasi Milenial menghargai kolaborasi konten brand atau kreator.
Komunitas pembuat konten TikTok yang berkembang menjadikannya saluran yang sangat baik untuk berkolaborasi dengan kreator konten lainnya.
Kuncinya adalah berkolaborasi dengan kreator konten yang tepat, yang dapat secara autentik memposisikan merek kamu kepada pemirsanya, karena konten bermerek buatan content creator memiliki tingkat keterlibatan 83% lebih tinggi.
Pasar kreator konten TikTok adalah tempat kamu dapat terhubung dengan kreator konten lainnya di jaringan. Kamu bisa menemukan influencer dan menjalankan kampanye bersama mereka.
Caranya, dengan mencari kreator konten berdasarkan sasaran bisnis, anggaran, dan industri, serta temukan kinerja komprehensif dan metrik pemirsa untuk pengambilan keputusan berdasarkan data.
Namun, TikTok memiliki beberapa persyaratan kelayakan untuk Creator Marketplace, sehingga hanya kreator terpilih yang dapat bergabung.
Hal ini untuk meyakinkan pemasar bahwa pembuat konten yang bermitra dengan mereka memberikan pengaruh besar di TikTok.