Kemudian data itu akan diolah dan menghasilkan data kehadiran yang dipergunakan untuk menghitung gaji.
Fungsi satu ini jelas menyederhanakan tugas HR terkait dengan kehadiran dan penggajian.
Pelaporan dan Analitik
Fungsi HR berikutnya adalah menyediakan data laporan otomatis dan lengkap, seperti turnover karyawan, ketidakhadiran, kinerja, dan lainnya.
Analitik ini melibatkan analisis wawasan yang membantu pengambilan keputusan yang berbasis data.
Employee Self Service
Perusahaan saat ini semakin fokus dalam memberdayakan karyawan dan supervisor langsung mereka untuk mengelola data mereka sendiri.
Inilah yang ditawarkan employee self service, di mana karyawan dapat melakukan pengelolaan human resource mereka sendiri, misalnya, mengajukan permohonan cuti sendiri. Setelah disetujui, permohonan ini langsung disimpan ke dalam sistem (dan dicatat untuk tujuan penggajian dan manfaat).
Manfaat Penggunaan Aplikasi HR
Menggunakan aplikasi HR tentunya akan mendatangkan banyak manfaat. Apalagi bagi perusahaan yang sedang berkembang.
Pada titik ini, mengelola informasi dasar karyawan dalam Excel menjadi merepotkan dan prosedur sederhana seperti menyetujui cuti karyawan perlu distandarisasi.
Mari kita lihat beberapa manfaat utama bekerja dengan HRIS:
Pencatatan yang Lebih Baik