Manajemen Data Karyawan
Manajemen data karyawan mengacu pada pengumpulan, pengorganisasian, dan penyimpanan data karyawan dan bisa dikatakan merupakan fitur unggulan dalam aplikasi HR dan inilah yang menjadi alasan banyak perusahaan yang beralih menggunakannya.
Fungsi ini memungkinkan HR untuk mengurangi penggunaan kertas atau menyimpan file dalam jumlah besar, memastikan informasi tetap terbaru, serta meningkatkan kemudahan untuk akses informasi.
Dengan fungsi ini, diketahui HR dapat menghemat waktu administratif hingga 2 jam per dokumen dengan menggunakan HRIS dan tanda tangan elektronik daripada dokumen kertas.
Pemrosesan Gaji
Fungsi kedua adalah mengotomatisasi proses penggajian karyawan.
Kecanggihan ini sangat membantu HR dalam memastikan tidak ada salah hitung atau juga salah transfer gaji karyawan.
Umumnya, aplikasi HR memberikan fleksibilitas kepada para penggunanya untuk mengatur komponen penggajian apa saja yang akan digunakan untuk menghitung gaji.
Beberapa sistem HR juga biasanya akan terintegrasi dengan aplikasi absen untuk memudahkan pengambilan data kehadiran yang digunakan sebagai komponen penghitung gaji.
Manajemen Waktu dan Kehadiran
Dengan menggunakan aplikasi HR, pengelolaan data kehadiran karyawan bisa dilakukan lebih mudah. Hadirnya fungsi satu ini sangat membantu untuk perusahaan yang menerapkan sistem kerja shift.
Jika dulu karyawan perlu menuliskan waktu kehadirannya di selembar kertas, lalu HR perlu memasukkan data kehadiran tersebut secara manual ke dalam sistem. Barulah data kehadiran tersebut akan diproses untuk menghitung gaji.
Sekarang, dengan sistem terintegrasi, karyawan bisa mencatat waktu kehadiran mereka menggunakan ESS, lalu sistem akan otomatis mencatat secara detail waktu kehadiran.