ADVERTISEMENT

Bisa Kedatangan DC Lapangan! Simak 5 Risiko Berbahaya Penggunaan Aplikasi Pinjol Ilegal

Jumat, 19 April 2024 14:24 WIB

Share
Risiko berbahaya aplikasi pinjol ilegal yang berpotensi kedatangan DC lapangan. (Foto/Pexels)
Risiko berbahaya aplikasi pinjol ilegal yang berpotensi kedatangan DC lapangan. (Foto/Pexels)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Simak risiko berbahaya dari penggunaan aplikasi pinjol Ilegal, yang dapat berpotensi kedatangan DC lapangan dalam artikel ini. 

Aplikasi pinjol ilegal memang mulai banyak digunakan pengguna internet, karena dapat mudah cair menjadi saldo DANA. 

Lantas, berbagai aplikasi pinjol ilegal yang telah bermunculan tersebut dapat membantu para pengguna internet, yang membutuhkan uang cepat dan mendadak. 

Kendati demikian, tak jarang para pengguna aplikasi pinjol ilegal mengalami galbay pinjol, karena bunga yang tetapkan terlalu tinggi. 

Galbay pinjol ini dapat menimbulkan potensi datangnya para depthcolector (DC) datang ke rumah pengguna, untuk menagih biaya pembayaran yang mandek. 

Sebenarnya tak hanya kedatangan DC lapangan saja, berikut ini beberapa risiko berbahaya dari penggunaan aplikasi pinjol ilegal yang perlu kamu ketahui. 

1. Kurangnya Regulasi dan Perlindungan Konsumen

Aplikasi pinjol ilegal seringkali beroperasi tanpa izin resmi dari otoritas keuangan yang berwenang. Hal ini berarti para peminjam tidak dilindungi oleh regulasi yang memadai untuk mencegah praktik penagihan yang tidak adil atau memastikan transparansi dalam ketentuan pinjaman.

2. Potensi Penyalahgunaan Data Pribadi

Penggunaan aplikasi pinjol ilegal dapat meningkatkan risiko penyalahgunaan data pribadi. Tanpa regulasi yang ketat, ada kemungkinan bahwa informasi sensitif yang diserahkan oleh para peminjam dapat disalahgunakan atau dijual kepada pihak lain tanpa izin.

3. Bunga yang Tinggi 

Aplikasi pinjol ilegal biasanya akan menerapkan sistem. Bunga dengan nominal yang sangat tinggi. Bahkan, tak jarang pinjol ilegal tidak menyebutkan jumlah bunga yang mereka berlakukan untuk menjebak para peminjam. 

4. Diteror Debt Collector

Selanjutnya, para peminjam aplikasi pinjol ilegal berpotensi diteror oleh para Dept Collector (DC), yang sengaja diutus untuk menagih utang galbay para debitur pinjol.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT