ADVERTISEMENT

Selama Libur Lebaran 2024, Balawista Lebak Catat 29 Kejadian Laka Laut

Selasa, 16 April 2024 15:39 WIB

Share
Wisatawan yang berlibur di Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang. (Poskota.co.id/Samsul Fathony)
Wisatawan yang berlibur di Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang. (Poskota.co.id/Samsul Fathony)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Lebak mencatat kejadian kecelakaan laut selama libur Lebaran Idul Fitri 2024.

Beberapa kejadian laka laut terjadi di sejumlah objek wisata di Lebak, diantaranya di Pantai Goa Langir sebanyak 25 kejadian dan korbannya berhasil diselamatkan tim Balawista Lebak.

Ketua Balawista Lebak, Erwin mengungkapkan, selama libur Lebaran ini jumlah kecelakaan laut yang dialami wisatawan secara keseluruhan ada sebanyak 29 kejadian di dua lokasi objek wisata, yakni di Pantai Ciantir dan Goa Langir.

"25 kejadian di Pantai Goa Langir dan alhamdulillah semua korban terselamatkan oleh tim Balawista. Hanya saja di Pantai Ciantir dari empat kejadian, ada satu korban jiwa," ungkap Erwin melalui pesan WhatsApp pada Selasa, 16 April 2024.

Erwin menerangkan tidak menemukan laka laut di objek-objek wisata lain di Lebak, seperti di Pantai Citarate, Legon Pari, Pantai Pulo Manuk, Kalapa Warna, Bagedur, Pasir Putih Cihara, Pantai Talanca, Karang Seke Wanasalam dan Cikoncang.

"Kalau di sejumlah destinasi wisata pantai lain tidak ada atau nihil. Kejadian laka laut atau wisatawan yang terseret ombak itu hanya di dua lokasi destinasi wisata," ujarnya.

Menurut Erwin, dalam memberikan layanan keselamatan bagi wisatawan selama libur lebaran ini, sebanyak 60 tim Balawista Lebak bersiaga, ditambah 40 relawan penyelamat wisata.

"60 personel dan 40 relawan diterjunkan di tiap objek wisata di Lebak, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan yang melaksanakan liburan," ujarnya.

Erwin menyebut, selama libur lebaran 2024 ini, ada lima destinasi wisata di Lebak dengan jumlah kunjungan paling banyak, di antaranya Pantai Sawarna, Bagedur, Goa Langir, Pulo Manuk dan Kalapa Warna.

"Lima besar jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Lebak, dari kelima destinasi wisata itu, objek wisata Pantai Goa Langir menjadi icon baru destinasi wisata di Lebak," tuturnya. (Samsul)

ADVERTISEMENT

Reporter: Samsul Fathony
Editor: Febrian Hafizh Muchtamar
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT