ADVERTISEMENT

1,7 Juta Wisatawan Masuk ke Banten di Hari Keempat Libur Lebaran Idul Fitri

Sabtu, 13 April 2024 22:30 WIB

Share
Ribuan wisatawan saat melakukan liburan di salah satu objek wisata di Banten. (Dok. Balawista Banten)
Ribuan wisatawan saat melakukan liburan di salah satu objek wisata di Banten. (Dok. Balawista Banten)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Pada hari keempat libur Lebaran Idul Fitri 2024, jumlah wisatawan yang datang ke sejumlah objek wisata di Banten mencapai 1,7 juta pengunjung.

Ketua Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten, Ade Ervin mengatakan, jumlah tersebut berdasarkan laporan dari tim siaga wisata di tiap objek wisata yang ada di Banten.

"Dari hasil laporan yang disampaikan oleh tim dari tiap objek wisata terbuka di Banten, jumlah kunjungan wisatawan pada H+4 Idul Fitri 2024 ini sebanyak 1,7 juta orang," ungkap Ervin kepada wartawan saat melakukan pengawasan di salah satu objek wisata di wilayah Kecamatan Carita, Pandeglang, Sabtu, 13 April 2024. 

Menurutnya, jumlah tersebut berasal dari objek wisata terbuka seperti pantai, waterpark, air terjun, hingga taman rekreasi.

"Belum lagi pengunjung kawasan wisata religi, perhotelan dan kuliner. Karena tim kami hanya memonitor kawasan wisata terbuka dan kawasan wisata yang memiliki potensi risiko keselamatan tinggi," katanya.

"Jadi dengan jumlah 1,7 juta wisatawan itu yang terpantau oleh 200 personel Balawista yang tersebar di tiap objek wisata di Banten. Kalau ditambah dengan pengunjung wisata lain seperti wisata religi dan perhotelan, bisa lebih dari 1,7 juta," sambung Ervin.

Menurutnya, jika dilihat dari hasil analisis tim siaga wisata, kemungkinan puncak keramaian akan terjadi pada hari Minggu, 14 April 2024.

Pihaknya juga menyarankan, bagi wisatawan yang hendak berkunjung maupun yang hendak meninggalkan Banten, diharapkan menyiapkan kesehatan fisik dan kendaraan agar keselamatannya terjaga dengan baik.

"Kami selalu mengimbau bagi wisatawan yang baru datang di kawasan objek wisata hendaklah bertanya terlebih dahulu pada petugas loket atau resepsionis tentang ada atau tidaknya petugas keselamatan yang disiapkan," ujarnya. 

"Apabila tidak ada, jangan ambil risiko. Carilah objek wisata lain yang memenuhi unsur standar keselamatan, karena di Banten ini sangat banyak destinasi wisata yang layak dikunjungi," tambahnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Samsul Fathony
Editor: Firman Wijaksana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT