ADVERTISEMENT

Sambut Lebaran, bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 T

Kamis, 28 Maret 2024 07:28 WIB

Share
teller bank bjb
teller bank bjb

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BANDUNG, POSKOTA.CO.ID - bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idulfitri 1445 H. 

Berdasarkan hasil proyeksi kebutuhan uang tunai menjelang Ramadan secara nasional, tahun ini bank bjb akan menyiapkan uang tunai sebesar Rp12,5 triliun atau meningkat sebesar 11% dibandingkan realisasi kebutuhan uang tunai pada bulan Ramadan & Idulfitri di tahun sebelumnya. 

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto menyampaikan, penyiapan uang tunai sebesar Rp12,5 triliun, dihitung berdasarkan asumsi proyeksi kebutuhan uang tunai nasabah bank bjb yang masih banyak menggunakan uang tunai sebagai alat transaksi.

Adapun kebutuhan uang periode Ramadan dan Idulfitri 1445 H tertinggi di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. 

"Proyeksi kebutuhan uang tunai berdasarkan trend historical rata-rata kebutuhan uang tunai bank bjb secara year on year," kata Widi. 

bank bjb memastikan, kebutuhan uang tunai pada seluruh jaringan Kantor bank bjb (Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, CRM & ATM) akan terpenuhi. 

Untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai, bank bjb juga pro aktif bekerjasama dengan Bank Indonesia, dalam layanan Penukaran Kas Keliling kepada masyarakat selama periode penukaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia pada titik yang berlokasi di Kantor Cabang bank bjb atau area publik di wilayah kerja bank bjb. 

Menyambut Lebaran, bank bjb juga menyiapkan layanan penukaran terpadu di Istora GBK melayani 300 orang penukar/hari yang telah melakukan reservasi via aplikasi PINTAR dengan melayani penukaran secara cash to cash, debit, QRIS dan metode non tunai lainnya. Adapun periode penukaran pada 28 sampai dengan 31 Maret 2024 dengan maksimal penukaran Rp4 juta/orang. 

Selain di Jakarta, layanan penukaran uang juga dilakukan dibeberapa wilayah di Indonesia seperti Bandung (26 Maret – 2 April 2024), Banten (28 – 31 Maret 2024), Cirebon (25 Maret – 5 April 2024), Tasikmalaya (25 – 27 Maret dan 1 April 2024), Tegal (1 - 4 April 2024), Semarang (25 Maret – 5 April 2024), Surabaya (30 Maret 2024), Denpasar (1-3 April 2024), Pekanbaru (26 Maret 2024), Balikpapan (30 Maret 2024), Bajarmasin (20 Maret 2024) dan Makassar (26 Maret 2024).

"Masyarakat yang ingin menukar uang, melakukan pendaftaran dan menentukan lokasi penukaran menggunakan Aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR) pada website www.pintar.go.id.  Adapun pemberian layanan secara go-show bagi masyarakat yang tidak melakukan pendaftaran di PINTAR dapat dilakukan selama kuota masih tersedia," ucap Widi. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Fernando Toga
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT