ADVERTISEMENT

Hadapi Musim Mudik Lebaran, Kapolda Metro Jaya Buat Pola Pengamanan hingga Skema Arus Lalu Lintas

Senin, 25 Maret 2024 12:21 WIB

Share
Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto. (Ist)
Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menghadapi lebaran 2024, Polda Metro Jaya telah menyiapkan pola pengamanan di DKI Jakarta. Apalagi banyak warga di DKI Jakarta yang mudik ke kampung halaman.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto mengatakan, pada perayaan lebaran Idul Fitri nanti dipastikan banyak warga yang akan mudik ke kampung halaman.

"Ada yang mudik ke Sumatera, Banten, Bogor, Sukabumi, Jawa Barat, dan Jawa Timur," ujar Karyoto kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin, 25 Maret 2024.

Karyoto mengungkapkan untuk pola pengamanan tahun ini tidak berbeda jauh dari sebelumnya yaitu akan menyediakan penitipan kendaraan di polsek-polsek wilayah setempat.

"Bagi pemudik bisa menitipkan kendaraannya di kantor polisi. Hal ini untuk menghindari pencurian saat ditinggalkan para pemiliknya," ungkapnya.

Karyoto menyebutkan dirinya telah memerintahkan di tiap jajaran Polres dan Polsek untuk menyediakan tempat penitipan motor.

"Upaya kita dalam menjaga pengamanan pertama menyediakan lahan parkir untuk penitipan motor di polsek-polsek. Sehingga nanti manajemennya bisa lebih bagus. Jangan sampai masyarakat yang pulang kampung menitipkan di kantor polisi malah tidak aman," jelasnya.

Kedua lanjut Karyoto, aparat juga akan berpatroli ke rumah-rumah kosong atau ditinggal mudik penghuninya

"Patropi berjalan intensif dapat mencegah terjadinya pencurian atau pembobolan rumah kosong yang ditinggalkan pemudik. Lalu aktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (Satkamling)," tuturnya.

Sedangkan untuk skema arus lalu lintas, akan dilakukan saat masa arus mudik ataupun arus balik. Namun dia belum merinci skema yang akan diterapkan nantinya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT