3. DC Pinjol yang Datang Selalu Berbeda
Beberapa pengguna yang berkali-kali galbay sering khawatir didatangi oleh dc pinjol yang berbeda, mengingat setiap dc pinjol memiliki sifat dan cara penagihan masing-masing.
Hal ini membuat mereka memutuskan untuk membayar dc pinjol yang sudah mereka kenal agar tidak diganti dengan yang lain.
Tindakan ini salah dan tidak dapat dibenarkan. Alasan pertama, semua dc pinjol mendapat giliran (rolling) sesuai jadwal. Hanya perusahaan pinjol yang mengetahui jadwal ini. Jadi, sudah pasti dc pinjol yang datang berbeda.
Dc pinjol dapat diganti ketika tidak memenuhi target. Pergantian dc pinjol sendiri adalah hal yang umum dalam perusahaan, karena bertujuan membuat nasabah langsung membayar.
Alasan kedua, membayar dc pinjol, baik yang sudah Anda kenal meupun yang tidak, hanya akan membuat Anda rentan dimanipulasi. Ini akan semakin berbahaya jika dc pinjol yang datang tidak membawa dokumen lengkap.
4. Perusahaan Pinjol Akan Memberi Somasi
Perusahaan pinjol akan memberikan surat somasi atau surat peringatan kepada peminjam yang galbay. Tujuannya adalah memperingatkan nasabah agar melunasi hutang.
Perusahaan pinjol dapat Somasi dapat memberikan 3 kali somasi setelah jatuh tempo.
Pemberian somasi akan berhenti setelah yang ketiga kalinya. Selanjutnya, ada kemungkinan Anda akan didatangi oleh dc pinjol lainnya.
Perlu diingat bahwa pemberian somasi ini adalah hal yang wajar karena telah ketentuan peminjam diatur dalam hukum perdata.
Demikian penjelasan tentang 4 hal yang akan terjadi jika berkali-kali didatangi dc pinjol. Ingatlah untuk tidak melakukan galbay secara sengaja. Selesaikan kewajiban Anda dengan cara meluncasi pembayaran dan jangan coba-coba menyogok dc pinjol.