ADVERTISEMENT

Dinkes Lebak Imbau Warga Teliti Sebelum Beli Parsel Lebaran

Kamis, 21 Maret 2024 20:24 WIB

Share
Kantor Dinas Kesehatan Lebak. (Dok. Dinkes Lebak)
Kantor Dinas Kesehatan Lebak. (Dok. Dinkes Lebak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, memberikan imbauan kepada masyarakat untuk lebih teliti saat membeli parsel Lebaran. 

Pasalnya, saat mendekati Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H, parsel menjadi bingkisan yang akan diburu banyak orang. 

"Kami minta masyarakat bisa lebih teliti ketika mau membeli parsel Lebaran. Harus benar-benar dicek satu per satu produk yang ada di dalam parsel, khawatir kadaluarsa," ungkap dr. Budhi Mulyanto, Plt Kadinkes Lebak, Kamis, 21 Maret 2024.

Dikatakan Budhi, parsel biasanya berisi makanan seperti kue kering dan cemilan lalu minuman, biasanya menjadi salah satu yang dibeli masyarakat menjelang Idul Fitri. 

Parsel sudah menjadi tradisi bagi warga di seluruh Indonesia, khususnya di bagi masyarakat Lebak.

"Masyarakat harus teliti saat membeli produk, jangan sampai ketika sudah dibeli produk di dalamnya sudah kedaluwarsa," katanya.

Menurut Budhi, imbauan ini merupakan langkah pencegahan dan kehati-hatian yang harus dilakukan oleh masyarakat, dalam mengantisipasi peredaran produk tidak layak konsumsi.

"Harus selalu memperhatikan masa expired produk yang akan dibeli. Kemudian kepada pihak penjual juga tempat penyimpanan harus memperhatikan manajemen FIFO (First In First Out), jadi produk masuk pertama keluar pertama harus diteliti," ujarnya.

Dijelaskan Budhi, pengawasan terhadap produk makanan minuman akan dilakukan oleh dinas teknis bersama BPOM.

"Mungkin di minggu kedua atau ketiga Ramadan. Fokus kita produk-produk makanan minuman di parsel karena akan mendekati hari raya," tuturnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Samsul Fathony
Editor: Firman Wijaksana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT