ADVERTISEMENT

DKI Jakarta Siap Tarung di Ajang Paritrana Award 2023 Tingkat Nasional

Selasa, 19 Maret 2024 13:52 WIB

Share
Foto: Tujuh perusahaan dan UMKM menerima penghargaan Paritrana Award 2023, tingkat Provinsi DKI Jakarta dari Kantor Wilayah (Kakanwil) BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta. (Dok. BPJS Ketenagakerjaan)
Foto: Tujuh perusahaan dan UMKM menerima penghargaan Paritrana Award 2023, tingkat Provinsi DKI Jakarta dari Kantor Wilayah (Kakanwil) BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta. (Dok. BPJS Ketenagakerjaan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Tujuh perusahaan dan UMKM menerima penghargaan Paritrana Award 2023, tingkat Provinsi DKI Jakarta dari Kantor Wilayah (Kakanwil) BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta.

Penyerahan penghargaan telah dilakukan oleh  Kepala Kanwil BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta, Deny Yusyulian pada 27 Februari 2024 kemarin.

Ketujuh pemenang tersebut adalah Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) dari sektor keuangan,  Pama Persada Nusantara dari sektor perdagangan dan jasa,  Eka Dharma Internasional dari sektor pertambangan manufaktur dan konstruksi, Pupuk Indonesia dari sektor pertanian peternakan perkebunan dan perikanan, Yayasan Pesantren Islam Al Azhar dari sektor pendidikan, Pemerintah Kota Jakarta Timur dari sektor pemerintah kota, dan Pisang Goreng Madu Betawi Bu Naniek dari sektor UMKM.

Para pemenang terbaik pertama dari ketujuh kategori sektor tersebut secara otomatis akan mewakili provinsi DKI Jakarta untuk bertanding di tingkat nasional.

”Kami harus optimis bahwa salah satu atau bahkan ketiga kandidat dari DKI Jakarta nantinya akan meraih Paritrana Award 2023 tingkat nasional,” kata Deny dalam keterangan diterima Selasa, 19 Maret 2024.

Deny mengatakan, tim penilai pusat selanjutnya akan menggelar penilaian di tingkat nasional kepada para kandidat tingkat provinsi pada Maret 2024. Hingga akhirnya pada Mei 2024 para pemenang tingkat nasional akan mendapatkan penganugerahan Paritrana Award 2023 tingkat nasional oleh Presiden RI.

Menurutnya, pelaksanaan Paritrana Award sempat tertunda pada 2019 karena pandemi covid-19 sehingga dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya.

Paritrana Award 2023 adalah ajang penyelenggaraan yang ke-7.
Menurut Deny Paritrana Award adalah apresiasi Pemerintah Pusat kepada pemerintah daerah, pemerintah desa dan pelaku usaha yang telah mendukung implementasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

Peran para pihak itu untuk mewujudkan universal coverage atau perlindungan program Jamsostek untuk seluruh pekerja. Paritrana Award 2023 terdiri dari beberapa kategori yaitu: pemerintah kota/kabupaten, usaha sektor perdagangan, dan jasa, usaha sektor manufaktur, pertambangan, dan konstruksi, usaha sektor pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan usaha sektor pendidikan, usaha kecil mikro. Paritrana Award 2023 diikuti oleh 90 kandidat di seluruh kategori.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta yang diwakili oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Prov DKI Jakarta Hari Nugroho, mengatakan filosofi Paritrana Award adalah untuk melahirkan kesadaran untuk memenuhi hak jaminan sosial setiap warga negara yang merupakan amanah konstitusi.

Hak jaminan sosial adalah hak yang wajib dipenuhi oleh negara melalui pemerintah, pemerintah daerah, dan stakeholder lainnya. ”Tujuan Paritrana Award adalah meningkatkan awareness dan peran aktif pemerintah provinsi, meningkatkan kepatuhan dan kepedulian pemberi kerja, dan memperluas kemanfaatan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mencegah kemiskinan baru,” ujar Hari.

Menurutnya, ajang Paritrana Award 2023 tingkat DKI Jakarta diharapkan dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam upaya pemerintah daerah bersama badan usaha.

Yaitu berkomitmen untuk mendukung program BPJS Ketenagakerjaan melalui terobosan, program kerja bersama, serta produk hukum yang konkret agar dapat diimplementasikan di wilayah DKI Jakarta.

Sementara di tempat terpisah Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kebon Sirih ,Indra Iswanto menyampaikan dukungan penuh atas terselenggaranya Paritrana Award 2023. Pemberian Paritrana Award merupakan apresiasi untuk mendorong terwujudnya cakupan keseluruhan (universal coverage) perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. 

Salah satu indikator dalam penilaian Paritrana Award adalah tingginya kepedulian dan partisipasi aktif perusahaan dalam mendorong terciptanya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, tutup Indra.(Ril)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT