PEMBAHASAN soal pembatasan usia kendaraan yang boleh melintasi jalan – jalan di Jakarta, mencuat kembali.
Dari gedung parlemen Senayan, Jakarta, diusulkan agar mobil pribadi yang beroperasi di Jakarta, maksimal berusia 10 tahun.
Di atas 10 tahun dilarang melintasi jalan – jalan yang ada di Jakarta. Usulan disampaikan saat pembahasan RUU DKJ (Daerah Khusus Jakarta) di DPR, kemarin.
Disebut mencuat kembali karena sebelumnya, di era Gubernur Anies Baswedan, soal pembatasan usia kendaraan di Jakarta, sudah kerap dibahas.
“Setahu saya soal pembatasan mobil pribadi maksimal 10 tahun sudah ada aturannya, ketika Anies Baswedan masih menjabat Gubernur DKI Jakarta,” kata Heri mengawali obrolan warteg jelang buka puasa bersama sohibnya, mas Bro dan Yudi.
“Wacana pembatasan usia kendaraan di Jakarta belum dapat dilaksanakan, karena terbentur pada aturan yang ada di atasnya. Sekalipun tertuang dalam Instruksi Gubernur, tetapi tidak bisa melawan undang – undang ,” kata Yudi.
“Iya dalam undang – undang tidak diatur mengenai batas maksimal usia kendaraan, seperti UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang hingga kini masih berlaku,” urai mas Bro.
“Berarti harus mengubah undang – undangnya dulu dong,” kata Heri.
“Sepertinya begitu. Tapi kalau RUU DKJ disahkan menjadi UU DKJ , yang di dalamnya mengatur pembatasan usia kendaraan, tentu beda lagi,” kata Yudi.
“Kalau undang – undangnya sudah disahkan misalnya tahun depan, 2025, maka mobil produksi di bawah tahun 2015, dilarang masuk Jakarta,” kata Heri.
“Ya siap – siap saja mobil nganggur di garasi,” tambah Yudi.
“Sayang kalau cuma bolak – balik dipanasi, titipin saja di rumah saya, di Bekasi biar bisa beroperasi,” ujar Heri.
“Wah kalau mobil di atas 10 tahun beroperasi di pinggiran Jakarta, Bodetabek dong yang bakalan kena macet,” ujar Yudi.
“Nggak usah nunggu limpahan mobil dari Jakarta, sekarang saja Bekasi sudah macet. Akhir pekan, apalagi, sepertinya kendaraan bermotor keluar semua,” kata Heri.
“Meski kemacetan bergeser ke Bodetabek, pembatasan usia mobil pribadi, belum menjamin Jakarta bebas macet, polusi udara menjadi seperti diharapkan,” kata mas Bro.
“Dengan pembatasan usia mobil pribadi, ada kecenderungan masyarakat berburu mobil yang masih muda, di bawah 10 tahun. Apalagi yang mampu, akan membeli mobil baru,” ujar Yudi. (Joko Lestari).