ADVERTISEMENT

Masjid Raya Al Azhom: Melihat Replika Masjid Nabawi Berbalut Hagia Sophia di Tangerang

Sabtu, 16 Maret 2024 20:24 WIB

Share
Masjid Al Azhom, Kota Tangerang. (Foto: Poskota/Veronica)
Masjid Al Azhom, Kota Tangerang. (Foto: Poskota/Veronica)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Masjid Raya Al A'zhom, terletak di Kota Tangerang menghadirkan nuansa baru yang mampu memikat para jemaah dan pengunjung wisatawan. 

Pemerintah Kota Tangerang membawa nuansa Masjid Nabawi yang berada di Kota Madinah ke masjid terbesar di kawasan Tangerang itu. 

Suasana Masjid Nabawi itu hadir dengan adanya 4 payung raksasa, seperti yang ada pada lokasi bersejarah umat muslim tersebut. 

Salah satu warga, Sitianisah mengatakan bangga dan terhibur dengan adanya fasilitas baru tersebut. Terlebih, kata dia, kehadiran masjid tersebut bisa juga dijadikan sebagai lokasi baru wisata religi di Tangerang. 

"Tentunya kita senang, bangga, dengan fasilitas ini. Jadi tepat baru juga buat widata religi, dan merasakan nuansa Masjid Nabawi, Madinah," katanya, Jumat, 15 Maret 2024.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Raya Al-A'zhom, K.H Chaerudin mengatakan, Masjid Raya Al A’zhom saat ini menjadi destinasi yang tak pernah sepi. 

Tercatat, setiap harinya ribuan orang berkunjung, terlebih adanya payung taman Masjid Raya Al A’zhom layaknya di Masjid Nabawi, Arab Saudi, menjadi daya tarik tersendiri.

"Masjid Raya Al A’zhom merupakan salah satu masjid dengan kubah terbesar di dunia. Masjid ini berada di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, yang didirikan pada 7 Juli 1997 dan diresmikan pada 23 April 2003," jelasnya.

Masjid dengan luas keseluruhan 2,25 hektare ini dibangun di atas tanah wakaf. Arsitek surau ini yaitu Slamet Wirasonjaya yang merupakan guru besar arsitektur di Institut Teknologi Bandung (ITB). Beliau terinspirasi dari masjid yang berada di Turki, bernama Hagia Sophia.

"Masjid ini memiliki beberapa fasilitas edukasi religi, akulturasi budaya dan bangunan disekelilingnya menyerupai sebuah benteng. Itu salah satu ciri khas lokal yang menandakan bahwa sebelum punya nama Kota Tangerang yaitu Kota Benteng," ungkapnya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT