ADVERTISEMENT

Suzuki Siap Menghadirkan Minivan Listrik: Langkah Terbaru dalam Mobilitas Ramah Lingkungan

Kamis, 14 Maret 2024 07:54 WIB

Share
Suzuki Siap Menghadirkan Minivan Listrik: Langkah Terbaru dalam Mobilitas Ramah Lingkungan (Ist)
Suzuki Siap Menghadirkan Minivan Listrik: Langkah Terbaru dalam Mobilitas Ramah Lingkungan (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Suzuki baru-baru ini telah mengumumkan bahwa SUV EVX akan resmi diluncurkan pada tahun 2025 mendatang, tetapi laporan terbaru dari India mengungkapkan bahwa perusahaan juga sedang mengembangkan model listrik tambahan.

Sebuah minivan dengan tenaga listrik dijadwalkan untuk diluncurkan di pasar India pada September 2026. Dilaporkan oleh Carscoops pada Selasa (12/3), minivan ini akan berbagi platform dengan SUV Vitara yang akan datang dari Suzuki.

Diketahui, model kendaraan tersebut akan diberi nama dengan kode YMC, minivan ini akan menjadi produk bertenaga listrik pertama dari Suzuki dengan merek tersebut.

Berita menyebutkan bahwa model tersebut direncanakan akan menggunakan arsitektur "skateboard 27PL", yang sedang dikembangkan sebagai proyek bersama antara Suzuki dan Toyota. Arsitektur ini dirancang untuk mendukung berbagai gaya bodi.

Untuk mesinnya, model ini diharapkan akan mewarisi opsi baterai dan motor listrik EVX. Dikabarkan bahwa SUV ini akan tersedia dengan paket baterai 40 kWh dan 60 kWh, menawarkan jangkauan listrik hingga 500 km, serta kemampuan berpengerak empat roda (All Wheel Drive/AWD) yang tangguh.

Jika laporan tersebut terbukti benar, kita mungkin akan melihat konsep minivan dalam beberapa tahun mendatang, dan memberikan gambaran tentang desainnya.

Kemungkinan besar, minivan ini akan memiliki dimensi yang lebih besar dari EVX yang memiliki panjang 4.300 mm (169,3 inci), memungkinkan tata letak tempat duduk tiga baris. Sebagian komponen seperti dasbor dan kokpit digital mungkin akan dibagi dengan SUV.

Autocar India melaporkan bahwa Suzuki berencana untuk memperluas jajaran produk lokalnya dengan delapan mobil baru, termasuk SUV dan MPV, yang akan hadir dalam beberapa tahun ke depan.

Dari jumlah tersebut, diketahui tiga di antaranya akan sepenuhnya menggunakan tenaga listrik, sementara sisanya akan menggunakan mesin konvensional atau hibrida.

Sebelum resmi melakukan debutnya, versi produksi dari konsep Suzuki EVX dan minivan yang akan datang, Suzuki berencana untuk meluncurkan turunan hibrida dari Baleno, Fronx, dan Swift sebagai bagian dari strategi elektrifikasi mereka.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT