ADVERTISEMENT

Pohon Tumbang dan Banjir Rob Terjadi di Kabupaten Lebak

Selasa, 12 Maret 2024 19:41 WIB

Share
Rumah warga di Kabupaten Lebak rusak karena pohon tumbang. (Istimewa)
Rumah warga di Kabupaten Lebak rusak karena pohon tumbang. (Istimewa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda sebagian wilayah di Kabupaten Lebak, menimbulkan beberapa bencana.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak mencatat, beberapa jenis bencana yang terjadi yang disebabkan cuaca ekstrem di antaranya, banjir rob, pohon tumbang, dan rumah roboh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Kepala BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama mengungkapkan, dampak cuaca ekstrem menimbulkan beberapa kejadian bencana alam di sejumlah wilayah di Lebak.

"Seperti di wilayah Kecamatan Bayah terjadi banjir rob di Pantai Bayah Tugu, Desa Bayah Barat, dua rumah warga terdampak," ungkap Febby, Selasa, 12 Maret 2024.

Sementara di wilayah Kecamatan Malingping, rumah milik warga roboh di Desa Pagelaran. Sebanyak enam rumah di Kampung Gintung, Desa Cipendeuy tertimpa pohon tumbang.

"Bangunan rumah warga rusak akibat tertimpa pohon itu rumah  milik Warno, Terin, Alek, Defi, Suryana dan Ibu Misnawati," jelasnya.

Selain itu, rumah warga di Kecamatan Cibeber rusak tertimpa pohon listrik, tepatnya di Desa Gunung Wangun. Kemudian dua rumah warga di di Kecamatan Cijaku dan Cihara rusak tertimpa pohon tumbang.

"Jadi, jumlah rumah warga terdampak bencana yang diakibatkan cuaca ekstrim ini ada sebanyak 12 rumah. Sementara dampak lainnya yaitu akses jalan terhambat akibat tertutup pohon tumbang," ujarnya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat Lebak untuk tetap siaga dan waspada, karena jika kembali turun hujan berpotensi banjir di wilayah tersebut.

"Untuk masyarakat yang berada di wilayah yang berpotensi longsor, maka jika turun hujan deras melanda, diharapkan aga mencari tempat yang aman. Dan tidak dianjurkan untuk meneduh dibawah pohon pada saat angin kencang dan petir," tuturnya. (Samsul Fathony)

ADVERTISEMENT

Reporter: Samsul Fathony
Editor: Febrian Hafizh Muchtamar
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT