ADVERTISEMENT

Lebih Dekat dengan Allah: Mengenal Keistimewaan Bulan Ramadhan bagi Umat Muslim

Selasa, 12 Maret 2024 18:05 WIB

Share
Lebih Dekat dengan Allah: Mengenal Keistimewaan Bulan Ramadhan bagi Umat Muslim (Pixabay/Mohamed_Hassan)
Lebih Dekat dengan Allah: Mengenal Keistimewaan Bulan Ramadhan bagi Umat Muslim (Pixabay/Mohamed_Hassan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Bulan Ramadan adalah waktu yang penuh dengan berkah dan keistimewaan bagi umat Islam. Selama bulan ini, umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam sebagai ibadah kepada Allah. Ramadan merupakan waktu untuk memperkuat hubungan dengan Allah melalui puasa, ibadah, dan amal saleh. 

Bulan ini juga merupakan waktu untuk meningkatkan kesadaran sosial, belas kasihan, dan kepedulian terhadap sesama. Selain itu, Ramadan juga merupakan kesempatan untuk membersihkan diri dari dosa, memperbaiki akhlak, dan meningkatkan ketaqwaan. Keistimewaan Ramadan juga terlihat dari berbagai ibadah khusus seperti tarawih, tilawah Al-Quran, dan bersedekah.

Menurut buku "Panen Pahala dengan Puasa" karya Akhmad Iqbal, Ramadhan adalah bulan yang unik karena disebutkan secara khusus oleh Allah SWT dalam Al-Quran. Keberadaan Ramadhan di Al-Quran menunjukkan bahwa bulan ini memiliki banyak keutamaan yang luar biasa. Karenanya, Ramadhan dianggap sebagai momen yang tepat untuk bersaing dalam melakukan kebaikan dan amal saleh. 

Selama bulan Ramadhan, semua umat Islam diwajibkan untuk berpuasa sebagai tanda Syukur kepada Allah SWT, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah ayat 183:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Dalam hadis, Rasulullah SAW memberikan kabar baik kepada umatnya mengenai keistimewaan bulan suci Ramadhan ini. Rasulullah bersabda,

"Sungguh! Kebahagiaanlah bagi orang-orang yang melalui bulan (Ramadhan) ini dengan berpuasa, beribadah, dan melakukan amal saleh."

Kemudian, apakah saja keunggulan dan keutamaan bulan Ramadhan? Berikut ini penjelasannya secara lengkap. 

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Dilansir dari Buku Memantaskan Diri Menyambut Bulan Ramadhan karya Abu Maryam Kautsar Amru, berikut keutamaan-keutamaan atau keistimewaan bulan Ramadhan yang perlu diketahui setiap umat muslim:

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT