ADVERTISEMENT

AC di Rumah Sering Bermasalah? Kenali Dulu Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya!

Selasa, 12 Maret 2024 12:23 WIB

Share
Ilustrasi perawatan AC rumah. (Freepik)
Ilustrasi perawatan AC rumah. (Freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - AC atau Air Conditioner kini menjadi senjata banyak orang untuk atasi cuaca panas dimana Indonesia memiliki iklim tropis. Hampir semua perkantoran kini memakai AC. Termasuk rumah pribadi banyak memakai AC mengingat harga AC terjangkau dan cocok dipakai untuk ruangan kecil.

Suhu panas dan lembab memang membuat sulit serta tidak nyaman dalam beraktivitas. Hal ini diperparah dengan banyaknya kerusakan lingkungan dan perubahan iklim yang membuat cuaca semakin panas.

Banyaknya pengguna AC membuat masalah seperti AC bocor umum ditemukan. Meski banyak ditemui, tentu hal seperti ini akan sangat mengganggu, apalagi untuk Anda yang beraktifitas di dalam ruangan.

Ciri AC Bocor

AC bocor tidak terjadi secara mendadak, ada sejumlah tanda yang bisa Anda sadari, diantaranya :

∙         AC tidak hembuskan udara dingin meski sudah diatur ke suhu paling rendah

∙         Muncul suara kasar dari dalam AC

∙         Terdapat embun beku di kondensor AC

∙         Muncul tetesan air dari dalam AC, jika ini air yang menetes banyak artinya kebocoran AC semakin parah

∙         AC harus bekerja keras untuk mendinginkan ruangan yang bisa dilihat dari naiknya tagihan listrik tiap bulan

Apa yang harus dilakukan ketika AC bocor?

Barangkali Anda bertanya, ketika AC bocor, bolehkah tetap dinyalakan? Jawabannya adalah tidak. AC bocor tidak menghasilkan udara dingin dan hanya akan hembuskan udara hangat, sehingga membuat ruangan semakin panas. Menyalakan AC saat bocor juga dapat memperparah kerusakannya, maka matikan dulu AC Anda ketika sedang bocor.

Jadi bagaimana cara mengatasinya? Ketahui dulu penyebab AC bocor dan bagaimana cara mengatasi AC bocor selengkapnya dalam artikel ini.

Penyebab AC Bocor

AC bocor biasanya berhubungan pada perawatan rutinnya. Harga AC ½ PK yang berbeda tiap merknya yang banyak dipakai di rumah perlu kontrol rutin untuk mencegah masalah. Namun, jika terlanjur terjadi AC bocor, untuk mengatasinya disesuaikan dan dicari tahu terlebih dulu apa sebabnya yang kami ulas berikut:

1. Filter AC Tersumbat

Sebab utama AC bocor ialah filter yang kotor dan tersumbat. AC sendiri memiliki filter di bagian dalam untuk memastikan udara yang dihembuskan tetap bersih. Filter tersumbat karena kotoran menumpuk membuat udara yang masuk berkurang sehingga evaporatornya turun dan membeku.

Ketika AC dimatikan, es di evaporator mencair, tidak bisa ditampung saluran pembuangan. Inilah yang kemudian menyebabkan kebocoran.

2. Kompresor Rusak

Kompresor adalah bagian dari AC yang dapat menghasilkan udara dingin dengan cara memompa freon ke seluruh bagian AC. Saat kompresor AC mengalami kerusakan, maka suhu di AC naik sehingga aliran air di dalamnya terganggu dan akhirnya membuat air menetes keluar.

3. Lumut di saluran pembuangan

Saluran pembuangan menjadi penyalur sisa air di dalam AC yang biasanya ditempel di tembok dalam dan luar ruangan. Perbedaan suhu saluran pembuangan dengan udara sekitar seringkali membuat area di dalamnya berlumut.

Jika pipa saluran pembuangan AC tidak diganti secara rutin, maka membuat lumut tumbuh subur hingga menjadi sebab sumbatan dan membuat air mencari cela atau cara lain agar bisa keluar.

4. Koil kondensor rusak

Koil kondensor bermanfaat untuk membuang udara panas dan merubah freon gas menjadi cair. Jika koil kondensor rusak misalnya karena tersumbat kotoran atau debu, kebocoran AC tidak bisa dihindari.

5. Freon bocor

Freon merupakan zat pendingin yang diubah menjadi cair terlebih dulu agar bisa digunakan. Bocornya Freon juga dapat membuat bagian dalam AC menjadi beku dan angin yang dihasilkan panas. Jika tidak diperbaiki, maka bongkahan es yang mencair menjadi sebab kebocoran AC.

6. Pemasangan AC kurang tepat

Pemasangan AC yang kurang tepat bisa menyebabkan AC bocor. AC harus dipasang pada kemiringan tertentu agar air bisa mengalir ke saluran pembuangan dan hasilkan udara dingin dengan baik. Namun beberapa orang mungkin belum mengetahuinya sehingga membuat AC bocor, air keluar dari samping atau bawah AC.

Cara Mengatasi AC Bocor

Ketika mendapati AC bocor, tidak perlu panik. Jika Anda bukan ahli di bidang servis AC pun hal ini tidak masalah. Cukup lakukan hal berikut untuk menanganinya.

●        Matikan AC, cabut kabel dari sumber listrik untuk hentikan tetesan air dan arus pendek

●        Carilah sumber kebocoran AC dengan senter atau alat bantu lainnya

●        Bersihkan AC yang kotor dan tersumbat

●        Ganti freon secara rutin

●        Cobalah untuk memperbaiki kompresor AC agar tetap mampu hasilkan suhu dingin

●        Lalu, bersihkan pipa saluran pembuangan dari lumut atau ganti secara berkala

●        Pasang perekat untuk menutup kebocoran dan pastikan segel bertahan lama

●        Jika sudah selesai, pasang kembali bagian yang diperbaiki, pastikan semua konektor terpasang dengan benar

●        Nyalakan AC dan periksa apakah masih terjadi kebocoran

●        Jika Anda kesulitan jalankan semua langkah di atas, cara terbaik adalah panggil teknisi AC atau yang ahli di bidang ini

AC bocor bisa dicegah dengan rutin menservis AC tiap 2-3 bulan sekali sehingga kotoran dihilangkan secara berkala dan kerusakan atau masalah yang terjadi teratasi dengan segera. Harga AC ½ PK yang Anda beli di toko elektronik biasanya sepaket dengan pemasangan dan penawaran kontrol rutinnya.

Perhatikan AC Anda dan segera perbaiki jika terjadi masalah agar Anda tidak perlu repot membersihkan tetesan airnya akibat AC bocor dan produktifitas atau pekerjaan Anda tidak terganggu. Itulah informasi sebab AC bocor dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat! (Ril)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT