ADVERTISEMENT

Doa Ziarah Kubur Orang Tua yang Bisa Kamu Panjatkan Selama Bulan Ramadhan 2024

Minggu, 10 Maret 2024 11:44 WIB

Share
Doa Ziarah Kubur Orang Tua yang Bisa Kamu Panjatkan Selama Bulan Ramadhan 2024 (Ist)
Doa Ziarah Kubur Orang Tua yang Bisa Kamu Panjatkan Selama Bulan Ramadhan 2024 (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Memanjatkan doa ziarah kubur orang tua dalam Agam Islam merupakan salah satu bentuk bakti seorang anak pada orang tuanya yang telah meninggal dunia.

Tak hanya dibaca saat mendatangi makam, doa ziarah kubur orang tua juga bisa dipanjatkan selama bulan Ramadhan 2024 ini. Sebab, dengan membaca doa untuk kedua orang tua yang telah tiada ketika bulan puasa, niscaya doa-doa baik akan dijabah oleh Allah SWT. Hal tersebut juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw melalui haditsnya.

"Aku (Rasulullah) dahulu pernah melarang kalian berziarah kubur, dan kini berziarahlah." (HR Muslim, Ahmad, & Nasa'i).

Arti dari kata hujaran sendiri ialah ucapan batil, contohnya bisa seperti memohon kepada ahli kubur, tawasul, ataupun meminta bantuan dari mereka yang telah wafat, hal ini juga turut dijelaskan oleh Syekh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr dalam buku Fiqih Doa dan Dzikir Jilid 2.

Bukan hanya membaca doa ziarah kubur orang tua saja, ada beberapa cara yang perlu dilakukan ketika datang ke makam orang tua. Adapun tata cara yang musti dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Wuduh sebelum berziarah.
  2. Mengucapkan salam.
  3. Dzikir dengan manghadap arah kiblat.
  4. Membaca surah pendek.
  5. Mendoakan mayat.
  6. Tidak duduk atau berjalan di atas makam. 

Setelah mengetahui tata cara yang baik dan benar saat datang dan memberikan doa ziarah kubur orang tua, berikut tim POSKOTA bagikan beberapa doa ziarah kubur orang tua yang bisa kamu baca pada saat mendatangi makam.

Bacaan Doa Ziarah Kubur Orang Tua

مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

Allahummaghfìrlahu war hamhu wa 'aafìhìì wa'fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì' madholahu, waghsìlhu bìl maa'ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì. Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.

Artinya : "Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya." (HR Muslim).

Itu dia tata cara ziarah lengkap dengan doa ziarah kubur orang tua yang bisa kamu baca saat datang ke makam selama bulan Ramadhan 2024. Semoga ulasan di atas dapat membantu dan bermanfaat.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT