ADVERTISEMENT

Hari Ini Program Mudik Gratis 2024 Kemenhub Dibuka, Cek Cara Daftarnya di Sini

Selasa, 5 Maret 2024 15:00 WIB

Share
Ilustrasi mudik gratis. Program mudik gratis 2024 Kemenhub dibuka, cek cara daftarnya. (Ist)
Ilustrasi mudik gratis. Program mudik gratis 2024 Kemenhub dibuka, cek cara daftarnya. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Program mudik gratis selalu dinantikan oleh banyak masyarakat. Pasalnya, program ini dapat membantu masyarakat dalam menghemat biaya mudik ke kampung halaman yang ingin merayakan hari raya Idul Fitri. 

Selain itu, program mudik gratis juga menjadi salah satu cara untuk menekan lonjakan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi demi meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Untuk tahun ini, ada beberapa penyelenggara mudik gratis yang bisa Anda nikmati. Kementerian Perhubungan menjadi salah satu penyelenggara mudik gratis dengan menyediakan jalur darat yang meliputi bus, truk, dan kereta api, serta jalur laut menggunakan kapal. 

Pendaftaran program bisa dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat mulai tanggal 5 Maret-3 April 2024. Setiap jalur mudik gratis memiliki jadwal berbeda, mulai dari keberangkatan hingga kembali.

Selain Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi Banten juga menyediakan kuota mudik gratis untuk masyarakat. 

Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan anggaran sebesar Rp13 miliar untuk kuota 27 ribu penumpang ke 19 kota di Indonesia dengan menyediakan 259 unit armada bus dan 13 unit truk untuk mengakut sepeda motor selama arus mudik dan 210 unit armada bus dan 10 unit truk untuk arus balik. 

Sementara itu, Pemprov Banten membuka pendaftaran pada 10-22 Maret 2024 dan membagi program mudik gratis ini menjadi dua kelompok. Syarat yang dibutuhkan juga berbeda antara kelompok satu dan dua.

Dalam mengikuti program mudik gratis, selain menghemat biaya, masyarakat juga harus mematuhi aturan dan persyaratan yang telah ditetapkan. 

Di sisi lain, program mudik gratis ini juga menjadi salah satu upaya pemerintah dalam menekan angka kecelakaan selama arus mudik. Oleh karena itu, penting bagi setiap pemudik untuk mematuhi aturan serta mempersiapkan diri dan kendaraan sebaik mungkin agar perjalanan mudik menjadi aman dan nyaman.

Pogram mudik gratis menjadi solusi yang baik bagi masyarakat untuk menghemat biaya saat mudik ke kampung halaman.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Firman Wijaksana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT