ADVERTISEMENT

Galbay Pinjol Tunggakan Hingga Jutaan, Bisa Dibantu Joki? Ini Penjelasannya

Selasa, 27 Februari 2024 22:27 WIB

Share
Ilustrasi nasabah galbay pinjol.(Pixabay.com/Goumbik)
Ilustrasi nasabah galbay pinjol.(Pixabay.com/Goumbik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sudah begitu banyak masyarakat yang gagal bayar (galbay) pinjol dan menunggak hingga jutaan rupiah. Bisakah dibantu joki pinjol?

Mungkin sebagian orang merasa menemui jalan buntu ketika berusaha menuntaskan utang-utang pinjol galbay. Beberapa dari mereka, kabarnya, menggunakan joki pinjol untuk melunasinya.

Kanal YouTube Fintech ID menyebut, sudah banyak korban penipuan joki pinjol yang mengimingi-imingi penyelesaian beban galbay pinjol para nasabah.

Layanan joki pinjol ini memanfaatkan situasi para nasabah galbay pinjol. Para nasabah ini berada dalam situasi mendesak untuk melunasi utang, sehingga kesempatan bagi joki pinjol beraksi.

"Saya memaklumi, kalian itu pastinya udah terdesak, bingung, dan enggak bisa berpikiran jernih. Dan sebuah penawaran yang terdengar indah, akan membuat kalian goyah," katanya.

Menurutnya, para nasabah galbay pinjol sebaiknya skeptis terhadap penawaran-penawaran menggiurkan yang diedarkan joki pinjol. Sebab, tawaran joki pinjol tidak masuk akal.

"Kenapa enggak dia memperkaya diri aja, ngebobol semuanya sendiri? Kan, enggak masuk akal. Mereka harus mencari uang yang begitu besar dari orang lain sebagai komisi atas jasa dia," ucapnya.

Ia juga tidak menutup mata, bahwa di luar sana, ada beberapa joki pinjol yang memang bisa membantu nasabah melunasi tanggungan galbay pinjol.

Namun dari sekian banyak, mayoritas adalah modus penipuan saja. Fintech ID menyarankan, sebaiknya upayakan menyelesaikan utang pinjol secara mandiri, jangan mengandalkan joki pinjol.

"Kalau pakai joki itu, jokinya yang untung, masalah ke depannya kalian yang akan kena," pungkasnya. "Mungkin ini akan menjadi solusi yang gampang di awal, tapi bencana di akhir."

ADVERTISEMENT

Reporter: Febrian Hafizh Muchtamar
Editor: Febrian Hafizh Muchtamar
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT