ADVERTISEMENT

Profil AHY yang Bakal Dilantik Jokowi Jadi Menteri, Punya Prestasi dan Gelar Mentereng

Selasa, 20 Februari 2024 22:04 WIB

Share
Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY disebut akan dilantik Jokowi jadi menteri.
Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY disebut akan dilantik Jokowi jadi menteri.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY santer diisukan akan mengisi posisi menteri pada sisa masa jabatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Bahkan AHY disebut akan dilantik menjadi Menteri ATR/Kepala BPN oleh Jokowi pada Rabu (21/2/2024).

Ketua Umum Partai Demokrat itu memang sudah dikaitkan akan mengisi jabatan menteri setelah ikut mendukung Capres 02 Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. AHY bersama partai berlambang mercy itu disebut-sebut bakal mendapat jatah dari Jokowi pada reshuffle kabinet.

AHY yang merupakan putra dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini dikabarkan bakal mengisi kekosongan kursi Menteri ATR/Kepala BPN yang rencananya bakal ditinggal Hadi Tjahjanto.

Hadi dipilih Jokowi mengisi posisi Menkopolhukam untuk menggantikan Mahfud MD yang telah mundur untuk ikut kampanye pemilihan presiden dan calon wakil presiden pada akhir Januari 2024.

Jokowi tak membantah atau membenarkan soal kabar Hadi Tjahjanto akan dilantik sebagai Menkopolhukam. Begitu juga terkait kabar jika AHY akan mengisi pos yang ditinggalkan oleh Hadi sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang.

"Besok ditunggu saja jam 10," kata Jokowi ditemui usai Peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta Utara, pada Selasa (20/2/2024).

AHY memang sudah beberapa kali dikaitkan untuk mengisi  posisi menteri. Namun isu tersebut selalu terbantahkan. Seperti saat posisi Menteri Pertanian kosong. AHY sempat disebut akan mengisi pos tersebut. Hanya saja, Jokowi justru melantik Andi Amran Sulaiman.

Meski AHY belum berpengalaman menjadi pejabat di pemerintahan, ia memiliki segudang prestasi. Lulusan Akmil tahun 2000 itu merupakan taruna dengan predikat terbaik.

Pendidikan

Sebelum masuk ke Akmil, AHY mengenyam pendidikan di SMA Taruna Nusantara pada 1997. Setelah lulus dari Akmil, putra pertama SBY dan Kristiani Herawati itu melanjutkan pendidikan pascasarjana di Institute of Defence and Strategic Studies Nanyang Technological University, Singapura.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Firman Wijaksana
Editor: Firman Wijaksana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT