ADVERTISEMENT

Max Bartolini Berpaling ke Tim Yamaha MotoGP Buat Dall"Igna Kesal

Minggu, 18 Februari 2024 12:00 WIB

Share
Bartolini berpaling ke Yamaha, CEO Ducati Dall
Bartolini berpaling ke Yamaha, CEO Ducati Dall"Igna merasa kesal (Foto: Beritabalap.com)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com. CEO Ducati, Gigi Dall'Igna, mengakui bahwa dia merasa kesal kehilangan Max Bartolini, manajer teknik yang baru saja pindah ke Yamaha, karena pengetahuannya yang luas tentang Desmosedici.

Yamaha sangat bersemangat menyambut kedatangan Max Bartolini seperti yang dilakukan oleh Ducati, menyadari kekosongan yang ditinggalkan oleh orang Italia tersebut di departemen balap perusahaan Borgo Panigale, dan potensi revitalisasi yang bisa dia bawa ke pabrikan Jepang. Perpisahan dengan insinyur itu sangat menyakitkan bagi Gigi Dall'Igna karena Max adalah tangan kanannya dan juga seorang teman.

"Max telah bekerja dengan saya selama bertahun-tahun dan merupakan sosok penting di Ducati Corse. Dengan pengalaman dan pengetahuannya tentang motor kami, dia dapat memberikan banyak kontribusi untuk Yamaha," kata Dall'Igna, dalam sebuah wawancara dengan Motorsport.com.

 

 

 



"Saya merasa sangat kecewa melihatnya pergi, baik dari segi teknis maupun sebagai individu," tambah insinyur terkenal tersebut, yang dikenal di seluruh paddock sebagai figur sentral dari generasi Desmosedici saat ini.

Meskipun kekecewaannya, Dall'Igna menyadari peluang yang ditawarkan Yamaha kepada Bartolini, dan dia sepenuhnya memahami mengapa Bartolini menerima tawaran tersebut.

"Max telah mengambil langkah penting dalam karirnya, jadi saya memahami keputusannya dan saya tidak bisa mengatakan apa-apa tentang itu. Saya sadar bahwa sulit baginya untuk menolak tawaran yang diterimanya. Itu bagian dari permainan ini dan harus diterima," lanjutnya.

Jika Dall'Igna merasa kehilangan dengan perpindahan ini di pasar teknis, Yamaha justru merasa sangat senang. Penunjukan Bartolini, yang terjadi tidak lama setelah perekrutan Marco Nicotra, seorang ahli aerodinamika yang juga berasal dari Ducati, merupakan respons atas permintaan Fabio Quartararo untuk melakukan perubahan dalam cara tim Yamaha beroperasi.

Yamaha sangat puas dengan rekrutan ini.

"Max membawa ketenangan, metodologi kerja, dan memberi kami lebih banyak kapasitas untuk bereaksi, serta semua pengetahuannya yang diperoleh dari Ducati," ujar Quartararo kepada Motorsport.com.

"Bukan hanya pengetahuannya," kata seorang perwakilan Yamaha lainnya, "tetapi juga kemampuannya dalam berkomunikasi. Itu adalah salah satu kekuatannya. Dia membawa suasana hati yang baik, sering bertanya, dan memiliki empati yang besar."

 

 

 



Salah satu keunikan dari pabrikan Jepang adalah kecurigaan mereka terhadap apa pun yang tidak berasal dari filosofi mereka sendiri. Para eksekutif Yamaha sepakat dengan hal ini, sehingga mereka menempatkan Bartolini sejajar dengan Kazuhiro Masusa, pemimpin proyek M1 yang baru. Keduanya melapor kepada Takahiro Sumi, manajer umum divisi balap konstruktor, dengan posisi yang setara.

"Bartolini ditempatkan di posisi yang setara dengan kepemimpinan Jepang," tambah sumber dari Yamaha.

 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT