ADVERTISEMENT

Semakin Canggih, OpenAI Kembangkan Fitur Baru Sora yang Mampu Ubah Teks Menjadi Video Berdurasi 1 Menit

Sabtu, 17 Februari 2024 20:16 WIB

Share
Semakin Canggih, OpenAI Kembangkan Fitur Baru Sora yang Mampu Ubah Teks Menjadi Video Berdurasi 1 Menit. Foto: Open AI Sora/Gizchina
Semakin Canggih, OpenAI Kembangkan Fitur Baru Sora yang Mampu Ubah Teks Menjadi Video Berdurasi 1 Menit. Foto: Open AI Sora/Gizchina

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - OpenAI semakin inovatif dengan kemampuan mengkonversi teks ke video yang sangat realistis.

Fitur baru yang disebut Sora mampu meningkatkan standar manfaat AI generatif dalam domain kreatif. Dilansir dari CNet pada Sabtu (17/2/2024), mirip dengan pengubah teks ke video Google, Lumiere, ketersediaan Sora masih terbatas.

Namun, perbedaannya dengan Lumiere adalah Sora dapat menghasilkan video berdurasi hingga 1 menit. Fitur ini, mengubah teks ke video, kini menjadi daya tarik terbaru dalam pengembangan AI generatif yang dilakukan oleh OpenAI, Google, Microsoft, dan perusahaan teknologi lainnya.

Tren penghasilan teks dan gambar diyakini akan memperkuat posisi pendapatan ketiga penyedia teknologi tersebut, diperkirakan mencapai 1,3 triliun dolar AS atau sekitar Rp 16 triliun pada tahun 2032 mendatang. 

Sebuah pengumuman resmi dari OpenAI menjelaskan bahwa Sora akan memberikan manfaat kepada para kreator visual, desainer, dan pembuat film. Pengujian Sora dianggap sangat krusial dalam menangani potensi deepfake yang muncul dalam penggunaan AI untuk pembuatan gambar dan video.

Selain mendapatkan umpan balik dari pihak luar organisasi, startup AI tersebut juga berkeinginan untuk berbagi kemampuannya guna memperluas eksplorasi dalam bidang AI.

Salah satu fitur yang mungkin membedakan Sora adalah kemampuannya untuk menafsirkan prompt yang panjang, dengan panjang hingga 135 kata. Video contoh yang dibagikan oleh OpenAI minggu lalu menunjukkan bahwa Sora mampu menciptakan berbagai karakter dan adegan, mulai dari manusia, hewan, monster berbulu, hingga pemandangan kota, lanskap, taman zen, dan bahkan New York City yang tenggelam di bawah air.

Hal ini dimungkinkan sebagian karena hasil karya sebelumnya dari OpenAI dengan model-model Dall-E dan GPT. Generator teks-ke-gambar Dall-E 3 diperkenalkan pada bulan September 2023 sebagai pengembangan besar dari Dall-E 2 tahun 2022, bersama dengan model AI terbaru OpenAI, GPT-4 Turbo yang dirilis pada November sebelumnya. 

Secara spesifik, Sora menerapkan metode rekapsulasi dari Dall-E 3, yang menurut OpenAI menghasilkan deskripsi yang sangat rinci untuk data latihan visual.

"Sora mampu menghasilkan adegan kompleks dengan beberapa karakter, jenis gerakan tertentu, dan detail akurat dari subjek dan latar belakang," tulis pos tersebut. Model ini memahami tidak hanya apa yang diminta pengguna dalam prompt, tetapi juga bagaimana hal-hal tersebut ada dalam dunia fisik," tulis OpenAI.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Insan Sujadi
Editor: Insan Sujadi
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT