ADVERTISEMENT

Kebakaran Hutan di Chili Meluas Selama 3 Hari, 99 Orang Tewas

Senin, 5 Februari 2024 11:35 WIB

Share
Kebakaran Hutan di Chili Meluas Selama 3 Hari, 99 Orang Tewas (Foto/Unsplash)
Kebakaran Hutan di Chili Meluas Selama 3 Hari, 99 Orang Tewas (Foto/Unsplash)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sedikitnya 99 orang dinyatakan meninggal dunia pada Minggu (4/2/2024) dalam insiden kebakaran hutan dengan intensitas tinggi yang melanda sekitar kota Vina del Mar, Chili sejak tiga hari lalu.

Pesiden Chili, Gabriel Boric mengunjungi kota Quilpe yang juga terkena dampak parah atas kebakaran itu pada Minggu pagi waktu setempat dan melaporkan, setidaknya 64 orang telah tewas akibat insiden mengenaskan tersebut.

Namun, pada sore harinya, Kedoteran forensik Chili memperbarui jumlah korban tewas menjadi 99 orang melalui akun X resminya.

“Kami menyesali tragedi yang terjadi dan kami menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga yang terkena dampaknya,” kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan yang diposting di X, dikutip dari The Associated Press (AP), Senin (5/2/2024).

Menurut Boric, korban tewas akan terus meningkat seiring petugas penyelamat melakukan pencarian lebih dalam di rumah-rumah yang runtuh. Di sisi lain, beberapa orang tengah mengalami kondisi kritis di rumah sakit.

Gubernur Valparaiso, Rodrigo Mundaca mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi di wilayah yang dikuasainya tersebut seperti Vina del Mar dan kota-kota lain yang terkena dampak disebabkan oleh kesengajaan, sejalan dengan yang dikatakan Boric pada Sabtu (3/2/2024).

“Kebakaran ini bermula dari empat titik yang menyala secara bersamaan. Sebagai pihak berwenang, kami harus bekerja keras untuk menemukan siapa yang bertanggung jawab,” kata Mundaca.

Pada hari Sabtu, Boric mengatakan, suhu tinggi yang disertai kelembapan rendah dan kecepatan angin yang tinggi mempersulit pengendalian keamanan kebakaran hutan di pusat Chili itu, yang telah membakar 8.000 hektar hutan dan wilayah perkotaan.

Boric terbang melintasi beberapa daerah yang terbakar pada hari Minggu dan mengunjungi sebuah sekolah yang telah diubah menjadi tempat penampungan bagi para pengungsi. 

Ia mengatakan, rumah peristirahatan kepresidenan di tepi Viña del Mar yang dikelilingi taman luas untuk sementara akan diubah menjadi pusat rekreasi bagi anak-anak dari keluarga yang terkena dampak kebakaran.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rivera Jesica Souisa
Editor: Rivera Jesica Souisa
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT