ADVERTISEMENT

Antisipasi Golput, Atang Usul Pemindahan 451 TPS Rawan Bencana di Kota Bogor

Minggu, 4 Februari 2024 17:56 WIB

Share
Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. ist
Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. ist

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto usulkan pemindahan 451 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pemindahan ini dikarenakan lokasi yang dijadikan tempat pemungutan suara terbilang rawan bencana.

Atang mengusulkan penyelenggara pemilihan umum (pemilu) menyediakan bangunan sekolah dan gedung pemerintahan untuk memindahkan 451 titik lokasi tempat pemungutan suara (TPS) yang masuk kategori rawan bencana maupun sulit diakses masyarakat. 

Menurut Atang, pemindahan TPS yang berlokasi di titik rawan bencana ke gedung sekolah atau gedung pemerintahan sebagai upaya mengantisipasi risiko golput akibat gangguan keamanan, kenyamanan dan keselamatan pemilih dan panitia pada saat pemilihan dilakukan.

Data pemetaan bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, tercatat dari 2.913 TPS terdapat 451 TPS berada di titik rawan bencana alam. 

TPS rawan bencana itu tersebar pada zona merah di 115 titik di wilayah Bogor Selatan, 98 di Kecamatan Bogor Barat, 79 di Bogor Utara, 68 di Tanah Sareal, 61 di Bogor Tengah dan 30 titik di Bogor Timur.

Kepala BPBD Kota Bogor Hidayatullah menyebut titik-titik tersebut merupakan wilayah yang berpotensi bencana, misalnya pernah terjadi puting beliung, banjir lintasan dan longsor. 

Terlebih, kata Atang, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah mengingatkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem guna menyukseskan perhelatan Pemilu 2024.

"Kita tidak ingin masyarakat golput karena tempatnya tidak nyaman, rawan, tidak mudah diakses dan panitia terancam keselamatannya karena lokasi TPS rawan bencana," ujar Atang di Kota Bogor, Jumat. 

Atang menilai bahwa dengan pemetaan daerah rawan bencana dari BPBD dan prakiraan dari BMKG dapat menjadi acuan informasi yang sangat penting terutama di Kota Bogor, baik menggeser TPS ke tempat yang lebih aman atau bisa saja memanfaatkan gedung-gedung yang representatif. 

Menurut dia, dari sisi keamanan, mitigasi musim hujan juga perlu ditekankan untuk memastikan tidak ada surat suara yang dikirim ataupun di simpan rusak terkena air hujan di ruang penyimpanan maupun saat perjalanan pengiriman. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Panca Aji
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT