ADVERTISEMENT

Sumbar Diguncang Gempa M 4.4, BMKG: Disebabkan Aktivitas Sesar Sumatera

Minggu, 28 Januari 2024 08:55 WIB

Share
Peta gempabumi di wilayah Tanah Datar. (ist)
Peta gempabumi di wilayah Tanah Datar. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG ) mengumumkan adanya gempabumi berkekuatan magnitudo  (M)4,4 di Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu malam  (27/1/2024) pukul 23:50 WIB.

Getaran gempabumi dirasakan di wilayah Padang, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, dan Solok Selatan.

Demikian diutarakan epala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Dr. Suaidi Ahadi, S.T, M.T di Jakarta,  Sabtu malam  (27/1).

Suaidi mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4.4. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.52° LS ; 100.56° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 Km Barat Daya Batu Sangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat  pada kedalaman 10 km.

 

Jenis dan Mekanisme Gempabumi, menurut Suaidi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Sumatera Segmen Sumani.

"Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Bukittinggi dan Padang Panjang dengan skala intensitas III MMI  Padang, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, dan Solok Selatan II-III MMI.  Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gempabumi susulan hingga pukul 00.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

BMKG mengimbau kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

ADVERTISEMENT

Reporter: Agus Johara
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT