ADVERTISEMENT

Kotak Suara Pemilu di Kabupaten Bogor Mulai Didistribusikan 

Jumat, 26 Januari 2024 08:02 WIB

Share
Kotak suara pemilu mulai didistribusikan di Bogor. Foto: Poskota/Panca Aji.
Kotak suara pemilu mulai didistribusikan di Bogor. Foto: Poskota/Panca Aji.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Kotak berisi surat suara Presiden, DPR dan DPD RI mulai didistribusikan ke gudang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Bogor.

Ketua KPU Kabupaten Bogor, M Adi Kurnia menyebut, ketiga jenis kotak suara tersebut telah siap untuk didistribusikan ke Kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

"Mungkin nanti akan dibagi beberapa tahapan, karena engga mungkin nih semua dikirim, kalau skema yang dibuat kesekretariatan itu 15 hari, jadi satu Kecamatan itu tiga hari untuk lima kotak jenis suara," ucap Adi, Kamis (25/1/2024).

Adi menyebut, di setiap mobil boks akan dimuat dengan muatan maksimal 180 kotak suara, yang mana mobil-mobil pengangkut kotak suara ini akan dikawal ketat oleh pihak kepolisian.

Untuk meminimalisir kerusakan pada kotak maupun kertas suara, penyelenggara pemilu telah melapisi kotak suara menggunakan plastik, hal ini ditujukan agar kotak maupun kertas tidak bahas atau robek jika terkena air.

"Kalau secara SOP sudah kita lakukan, dari kotak suara kita lapisi plastik, di dalam kotak suara untuk melindungi surat suara dilapis plastik selain dibungkus sama amplop untuk melindungi dari basah, memang sudah SOP dari KPU RI," terangnya.

Adi menyebut, dari 3.973.004 surat suara, penyelenggara menyediakan kertas suara cadangan sebanyak 2 persen.

Lebih lanjut, Ketua KPU Kabupaten Bogor ini memaparkan, sedikitnya ada 4.024 kertas suara yang rusak, yang terbagi menjadi 3 kategori, yaitu 371 surat suara Presiden, 667 surat suara DPD RI dan 2.986 surat suara DPR RI.

"Rata-rata sobek, sama ada bekas noda, samar, variatif robeknya cacat dan selama sortir lipat tidak ada yang sudah dicoblos," singkatnya.

Sementara itu, Kordiv SDM pada Bawaslu Kabupaten Bogor, Irvan Firmansyah mewanti lokasi-lokasi gudang PPK yang rawan bencana, seperti banjir.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Panca Aji
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT