ADVERTISEMENT

Domenicali Sebut Barcelona Masih Ada Harapan untuk F1, Meski 2026 Grand Prix Spanyol akan Pindah ke Madrid

Rabu, 24 Januari 2024 20:00 WIB

Share
F1 Barcelona (Foto : Motorsport.com)
F1 Barcelona (Foto : Motorsport.com)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com. CEO Formula 1, Stefano Domenicali, mengatakan bahwa Barcelona mungkin masih memiliki tempat di masa depan dalam kalender, terlepas dari pengumuman bahwa Grand Prix Spanyol akan pindah ke Madrid pada tahun 2026.

Sirkuit de Barcelona-Catalunya telah menjadi tuan rumah balapan sejak tahun 1991, tetapi semakin jelas terlihat pada tahun 2023 bahwa Madrid tampaknya akan mengambil alih penyelenggaraan GP Spanyol.

Namun, Barcelona masih bisa mendapatkan tempat untuk balapan kedua di Spanyol. Negara ini telah mendukung dua acara di masa lalu, ketika GP Eropa diselenggarakan di Jerez pada tahun 1994 dan 1997, dan kemudian di Valencia antara tahun 2008 dan 2012.

Tantangannya adalah bahwa slot di kalender masa depan menjadi lebih mahal karena lebih banyak tempat yang menandatangani kesepakatan jangka panjang.

"Untuk menghindari keraguan dan untuk memperjelas di sini, fakta bahwa kami berada di Madrid tidak mengesampingkan fakta bahwa kami bisa saja tetap di Barcelona untuk masa depan," kata Domenicali kepada situs web F1.

"Ke depan, ada diskusi yang sedang berlangsung untuk melihat apakah kami benar-benar bisa memperpanjang kerja sama kami dengan Barcelona, yang memiliki hubungan yang sangat baik dengan kami, untuk masa depan."

Domenicali menekankan bahwa minat terhadap F1 di Spanyol tetap tinggi, yang saat ini memiliki dua pembalap yang merupakan dua kali juara dunia, yaitu Fernando Alonso dan Carlos Sainz.

"Spanyol adalah pasar yang hanya beberapa tahun lalu, tidak berada di pusat perhatian kami," katanya.

"Sekarang menjadi sangat penting. Kami menandatangani kesepakatan baru dengan lembaga penyiaran Spanyol DAZN hingga setidaknya akhir 2026.

"Ini adalah masalah yang bagus untuk dimiliki, memiliki beberapa kota - beberapa di negara yang sama - yang ingin menjadi tuan rumah grand prix.

"Ini menunjukkan nilai dari tawaran kami. Namun, kami harus tetap fokus pada alasan kesuksesan kami, dan memastikan kami tidak berpuas diri."

Pembalap asal Italia ini menekankan bahwa dorongan untuk menggelar balapan di Madrid mencerminkan kesehatan seri secara keseluruhan, dengan banyak kota yang berpotensi menjadi tuan rumah yang menunjukkan ketertarikan untuk bergabung dengan jadwal yang semakin padat.

Ia juga mengakui bahwa tempat baru yang terkenal di Eropa ini melawan tren yang selama ini terjadi di Amerika Serikat dan Timur Tengah.


"Ini adalah berita bagus untuk F1 karena ini menunjukkan sekali lagi bahwa ada minat yang kuat di seluruh dunia untuk olahraga kami," katanya.

"Ini menunjukkan bahwa pada saat Eropa dianggap sebagai tempat yang tidak siap untuk berinvestasi dalam olahraga kami, Madrid dan yang lainnya menunjukkan bahwa mereka siap.

"Mereka telah mempresentasikan sebuah proyek yang menarik, yang akan dibangun dalam beberapa tahun ke depan dan sebuah proyek yang mempertimbangkan para penggemar dan seluruh pengalaman mereka, mulai dari perjalanan mereka hingga seluruh pengalaman pertandingan.

"Tawaran yang kami terima dari promotor sangat bagus. Sejak hari pertama, sudah ada diskusi terbuka mengenai seperti apa acara ini nantinya."

Domenicali juga menekankan durasi kesepakatan Madrid, dengan hanya Bahrain - yang kesepakatannya dengan F1 berlangsung hingga 2036 - yang saat ini memiliki kontrak yang lebih panjang.

"Saya sangat senang bahwa ini adalah kesepakatan yang membawa kami ke 2035 - ini adalah waktu yang lama," katanya. "Ini adalah tujuan dari F1, baik dengan promotor baru maupun yang sudah mapan.

"Ini memungkinkan semua orang yang terlibat untuk merencanakan masa depan dan berinvestasi di masa depan karena ini adalah jaminan bagi promotor, mitra kami, tim kami, dan olahraga kami. Hal ini memberikan semua orang visibilitas jangka panjang.

"Jika Anda melihat masa lalu, perpanjangan kontrak hanya dua tahun, tiga tahun atau maksimal lima tahun. Sekarang semua kesepakatan baru kami mengarah ke arah yang sangat panjang. Dan jika ada yang pendek, pasti ada alasannya."

Mengenai kredensial keberlanjutan tempat baru, ia mengatakan: "F1 berkomitmen penuh untuk mencapai Net Zero Carbon pada tahun 2030.

"Dan IFEMA MADRID memiliki visi dan ambisi yang sama dengan kami untuk menjadikan GP Spanyol di Madrid sebagai salah satu ajang F1 yang paling mudah diakses dan berkelanjutan di kalender.

"Lokasi baru ini akan memiliki koneksi yang baik dengan kota, dengan kereta api, metro dan bus. Lokasinya hanya berjarak 16 km dari pusat kota dan merupakan tujuan promotor untuk membawa sebagian besar penggemar dari kota ke lintasan melalui transportasi umum."

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT