ADVERTISEMENT

Cuaca Ekstrem, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto Minta Pemkab Antisipasi Gangguan Pemilu 

Kamis, 18 Januari 2024 20:39 WIB

Share
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. (panca)
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. (panca)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID – Soroti potensi gangguan pemilu akibat cuaca ekstrem di musim penghujan, Ketua DPRD Kabupaten Bogor  Rudy Susmanto minta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menjauhkan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari area rawan banjir dan longsor.

Selain itu, Rudy menekankan, Pemkab Bogor juga perlu memastikan akses pemilih ke TPS tidak terkendala oleh faktor cuaca. 

Ia juga meminta agar keamanan pemindahan lokasi kotak suara dari TPS ke tempat yang sudah ditentukan dapat dijamin.

"Sebagaimana kita sadari, Januari hingga April ke depan masih musim hujan, dan beberapa lokasi di daerah kita masuk kategori rawan bencana," kata Rudy Susmanto, Kamis (18/1/2024)

Pernyataan Rudy didasari oleh prediksi cuaca Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

"Informasi cuaca BMKG ini harus jadi masukan bagi kita semua dalam hal aspek non teknis dalam penyelenggaraan pemilu," imbuh dia.

Sebagai informasi, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, membenarkan adanya potensi cuaca ekstrem dengan bencana hidrometeorologi basah seperti hujan sedang-ekstrem dan angin kencang. Puncak musim hujan diprediksi terjadi pada dasarian 3 Januari hingga dasarian 1 Februari 2024, dengan musim hujan secara umum berlangsung hingga April 2024.

Guswanto menjelaskan bahwa kondisi tersebut dipengaruhi oleh aktivitas Monsun Asia, tekanan rendah di sekitar Laut Timor, Teluk Carpentaria, dan Samudera Hindia Barat, serta adanya gelombang atmosfer yang meningkatkan peluang pertumbuhan awan hujan dan angin kencang. Dalam beberapa hari ke depan, beberapa wilayah Indonesia masih berpotensi mengalami hujan lebat.

Sementara itu, Guna mensukseskan Pemilu 2024, setiap instansi pun bahu-membahu berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini. 

Tak mau ketinggalan, BPBD Kabupaten Bogor pun telah melatih anggotanya untuk menyelamatkan kotak TPS dan Petugas KPPS bilamana bencana datang pada saat digelarnya pesta demokrasi 5 tahunan ini.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT