ADVERTISEMENT

Intip Ragam Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh, Dapat Membantu Mengurangi Kolestrol Hingga Nyeri Haid 

Rabu, 17 Januari 2024 15:02 WIB

Share
Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh. (Freepik/@wirestock)
Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh. (Freepik/@wirestock)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Selain terkenal dengan bumbu rempah tradisional yang khas, kunyit ternyata memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya, yakni mengurangi kolestrol hingga nyeri haid.

Untuk mendapatkan khasiat bagi kesehatan tubuh, kebanyakan orang biasanya mengkonsuminya dengan cara meminum rebusan air kunyit atau dijadikannya sebagai campuran teh.

Selain itu, kunyit juga biasa dimanfaatkan untuk campuran makanan dan dijadikan pewarna kuning alami yang dipercaya sebagai pengobatan tradisional terhadap kesehatan tubuh.

Tanaman yang berasal dari Asia ini sendiri memiliki banyak kandungan gizi dan senyawa aktif, sehingga sering digunakan sebagai obat herbal oleh masyarakat sejak zaman nenek moyang.

Adapun ragam manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yang telah dirangkum oleh POSKOTA dari berbagai sumber. Berikut ini adalag ulasan selengkapnya.

1. Mengurangi Kolestrol
Kunyit mengandung kurkumin, yang terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kadar kolesterol. Kurkumin sendiri dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik).

Maka dari itu, dengan terkontrolnya kadar kolesterol, tubuh dapat terhindar dari bahaya kolesterol tinggi, seperti stroke, serangan jantung, atau penyakit arteri perifer.

2. Menurunkan Resiko Depresi
Kemudian, kunyit memiliki manfaat untuk menurunkan resiko depresi. Manfaat ini berasal dari sifat antiinflamasi kunyit yang juga mampu memberikan efek antidepresan. 

Kurkumin dalam kunyit disebut sama efektifnya dengan obat fluoxetine dalam mengurangi gejala depresi. Kandungan tersebut diketahui dapat mengatur suasana hati dan fungsi tubuh.

3. Meningkatkan Daya Ingat
Manfaat berikutnya dari kunyit, ialah dapat meningkatkan daya ingat. Dengan mengkonsumsi rempah tradisional ini secara teratur dapat meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan, sehingga memperbaiki kemampuan ingatan dan fokus.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mutia Dheza Cantika
Editor: Mutia Dheza Cantika
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT