ADVERTISEMENT

Update Perkiraan Cuaca Indonesia Hari Ini, 16 Januari 2024

Selasa, 16 Januari 2024 05:51 WIB

Share
Prakiraan cuaca hari ini. (Foto/Freepik)
Prakiraan cuaca hari ini. (Foto/Freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Berikut update prakiraan cuaca Indonesia yang berlaku Selasa 16 Januari 2024 dari BMKG. 

Terdapat bibit siklon tropis 98s di Samudra Hindia Barat Daya Sumatera, yang berpotensi tumbuh menjadi siklon tropis dalam kategori besar dalam 48 hingga 72 jam ke depan. 

Bibit siklon tersebut memiliki dampak tidak langsung terhadap tinggi gelombang laut 2,5 hingga 4 M di Samudra Hindia kepulauan Mentawai hingga Lampung.  

Terdapat bibit siklon tropis 99s di bins daratan Australia bagian utara, yang berpotensi 72 jam ke depan tumbuh menjadi siklon tropis dalam kategori kecil. 

Bibit siklon tropis ini memiliki dampak tidak langsung terhadap tinggi gelombang laut 2,5 hingga 4 M di Laut Banda bagian selatan perairan kepulauan sermata, hingga tanimbara dan Laut Arafuru. 

Untuk prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia bagian utara, umumnya didominasi angin dari arah timur laut. 

Sedangkan Wilayah selatan Indonesia, umumnya didominasi angin yang bertiup dari arah selatan hingga barat, dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 km/jam. 

Selanjutnya untuk suhu udara di kota-kota besar di Indonesia, berkisar antara 19 hingga 35 derajat Celcius, dengan kelembaban berkisar antara 55 hingga 100%. 

Untuk perakiraan tinggi gelombang laut di perairan Indonesia, secara umum masih cukup kondusif, yaitu berkisar antara 1,25 hingga 2,5 m. 

Waspadai gelombang dengan ketinggian 2,5 hingga 4 M di wilayah laut Natuna Utara, Samudra Hindia Barat Daya Sumatera, Laut Arafuru, Samudra Pasifik Utara Papua. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT