ADVERTISEMENT

Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Anak, Puskesmas Tegal Angus Luncurkan Inovasi Sakina

Selasa, 16 Januari 2024 12:41 WIB

Share
Pelayanan Puskesmas Tegal Angus. ist
Pelayanan Puskesmas Tegal Angus. ist

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Puskesmas Tegal Angus melakukan inovasi program ibu dan anak berupa Stop Kematian Ibu dan Anak (Sakina) yang terdiri dari pemeriksaan hingga pemantauan bayi baru lahir. 

Inovasi tersebut merupakan bentuk pencegahan Puskesmas Tegal Angus dalam mengentaskan angka kematian ibu dan anak. Pada program tersebut setiap bulannya melakukan kegiatan Pos Binaan Terpadu untuk memonitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM yang dilakukan di Setiap Desa.

Kepala Puskesmas Tegal Angus dr. Allan Sartana mengatakan, Puskesmas Tegal Angus berhasil menjalankan program-program prioritas nasional melalui kolaborasi yang erat. 

Fokus utama program prioritas tersebut melibatkan berbagai stakeholder dan didalamnya terdapat kegiatan untuk penanganan gizi, kesehatan ibu dan anak, imunisasi di desa serta penanggulangan TB.

“Program ini khusunya gizi khusus diarahkan pada pencegahan stunting dan pemberian makanan tambahan bagi anak-anak baduta yang mengalami kekurangan gizi dan Inovasi Sakina sendiri menjadi langkah signifikan dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak, mencakup pemeriksaan dan pemantauan bayi baru lahir,” katanya, Selasa (16/1).

Selain itu dia menjelaskan bahwa pembinaan kader Posyandu juga menjadi fokus, di mana kegiatan tahunan melibatkan seluruh kader dalam pemberian materi, sesi tanya jawab, dan pemberian reward sebagai apresiasi terhadap kontribusi mereka dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Posyandu.

“Dengan langkah-langkah kolaboratif ini, Puskesmas Tegal Angus bukan hanya menjadi penyedia layanan kesehatan, tetapi juga agen perubahan dalam menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan berdaya. Program-program ini menciptakan fondasi untuk pelayanan kesehatan yang holistik dan berkelanjutan di masa depan,” pungkasnya. (Veronica Prasetio)

ADVERTISEMENT

Reporter: Veronica Prasetio
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT