ADVERTISEMENT

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

Sabtu, 13 Januari 2024 14:05 WIB

Share
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto . (Ist)
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto . (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID – Di awal tahun 2024, sedikitnya telah ada 47 bencana yang melanda 17 Kecamatan di Kabupaten Bogor, mengingat cuaca ekstrem yang diperkirakan masih berlanjut, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto imbau masyarakat untuk waspada.

"Maka dari itu saya mengimbau masyarakat untuk waspada. Terutama yang tinggal dekat dengan aliran sungai. Upaya mitigasi ditingkatkan untuk menghindari jatuhnya korban," kata Rudy Susmanto, Jum'at (12/1/2024).

Rudy pun meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor untuk selalu siaga membantu masyarakat terdampak bencana.

Karena, kata Rudy, dalam beberapa hari terakhir, bencana alam tanah longsor, angin kencang hingga banjir kerap terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Bogor. 

Sementara itu, Kabid Ratik pada BPBD Kabupaten Bogor, M Adam Hamdani mengatakan, 47 bencana tersebut terjadi dalam kurun waktu 6 hingga 9 Januari 2024.

"Di periode 6 hingga 9 Januari, tercatat ada 47 kejadian, 45 sudah terassesment, dua lagi belum," kata Adam dalam keterangannya, Rabu 10 Januari 2024.

Dalam 47 kejadian bencana tersebut, kata Adam, sedikitnya ada 56 rumah rusak dengan rincian 5 rumah rusak berat, 29 rusak sedang dan 22 rumah rusak ringan.

"Selain merusak 56 rumah, bencana alam yang terjadi ini pun berdampak pada 40 rumah dan mengancam 30 rumah lainnya," ucap Adam.

Menurut Adam puluhan kejadian bencana terjadi di 69 kampung yang tersebar di 17 Kecamatan di Kabupaten Bogor.

Yang mana, dari 69 kampung yang terdampak bencana, 1 kampung diantaranya terisolir karena akses jalan yang terdampak longsor.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT