ADVERTISEMENT

Berikut Cara Pendaftaran dan Syarat CPNS 2024

Rabu, 10 Januari 2024 18:07 WIB

Share
Berikut Cara Pendaftaran dan Syarat CPNS 2024 . Ilustrasi tes CASN/PPPK. (Foto: Ist).
Berikut Cara Pendaftaran dan Syarat CPNS 2024 . Ilustrasi tes CASN/PPPK. (Foto: Ist).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Calon pekerja yang berkeinginan menjadi abdi negara dapat merasa gembira. Pada tahun ini, pemerintah kembali mengumumkan pembukaan lowongan untuk calon aparatur sipil negara (CASN). 

Pengumuman ini secara langsung disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden akhir pekan yang lalu. Jumlah total lowongan yang tersedia mencapai 2,3 juta formasi.

"Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan," kata Jokowi.

Lulusan baru alias fresh graduate mendapatkan jatah yang lumayan banyak dari sebelumnya, dengan formasi calon pegawai sipil negara (CPNS) tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang. "Tersebar di instansi pusat 207 ribu dan di instansi daerah 483 ribu," ungkap Jokowi.

Kemudian bagi tenaga non-ASN atau honorer akan dibuka rekrutmen sebanyak 1,6 juta formasi untuk menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK)."Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, dimana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1 juta 600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK," lanjutnya. 

Pemerintah meluncurkan rekrutmen CASN sebagai respons terhadap perkembangan teknologi yang sangat cepat. Pemerintah mencari individu muda yang mahir dalam berbagai bidang ilmu untuk mendukung layanan publik berbasis digital, meningkatkan efisiensi birokrasi, serta mendorong peningkatan kinerja dan akuntabilitas pemerintah.

"Saya mengundang saudara-saudara, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi, serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik," tutur Jokowi.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menginformasikan bahwa pendaftaran untuk seleksi CPNS 2024 belum akan dimulai pada bulan Januari ini. Diperkirakan bahwa proses seleksi CPNS kemungkinan baru akan dimulai pada bulan Maret atau April mendatang.

"Bulan ini kan tidak otomatis langsung direkrut. Kan ada proses pengumuman, proses A, B, C, D. Bisa jadi Maret atau April baru (dibuka seleksi)," ucap Anas.

Cara Pendaftaran CPNS 2024

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Insan Sujadi
Editor: Insan Sujadi
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT