ADVERTISEMENT

Wow! Langka Banget, Pertama Kali Golongan Darah Tipe P Ditemukan di China

Selasa, 9 Januari 2024 13:30 WIB

Share
Golongan darah baru Tipe P ditemukan di China. Foto : Uss Feds
Golongan darah baru Tipe P ditemukan di China. Foto : Uss Feds

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - China baru-baru ini menemukan golongan darah P yang sangat langka, menjadi penemuan pertama jenis ini di dunia. Informasi ini muncul setelah deteksi dilakukan pada sampel golongan darah langka di sebuah rumah sakit di China timur.

Modern Express Post melaporkan bahwa urutan nukleotida baru ditemukan pada golongan darah langka P, sebuah subtipe dari golongan darah P, selama tes darah rutin di Rumah Sakit Taizhou, provinsi Jiangsu, pada tahun lalu.

Hanya ada sekitar selusin kasus terdokumentasi mengenai golongan darah P di Tiongkok, dengan frekuensi yang kurang dari satu dalam sejuta, seperti yang dilaporkan.

 

 

 



Staf di Rumah Sakit Rakyat Taixing mengirimkan urutan genetik ke database GenBank, koleksi akses terbuka yang dikelola oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional di Amerika Serikat. Pada bulan Desember, pusat tersebut menyatakan bahwa urutan nukleotida tersebut belum pernah terdeteksi sebelumnya di dunia.

Golongan darah P, yang ditemukan pada tahun 1927, memiliki lima subtipe bergantung pada antigen pada sel darah merahnya. P1 dan P2 lebih umum, sedangkan P1k, P2k, dan P sangat jarang. Dalam pengujian, golongan darah P sering terlewatkan karena tidak tercakup oleh reagen golongan darah ABO dan Rh yang umum.

 

 

 



Cao Guoping, spesialis transfusi yang mendeteksi sampel langka ini, menyatakan bahwa deteksi dini golongan darah P membantu individu yang memiliki jenis golongan darah ini mempersiapkan diri untuk transfusi darah dan mengatasi potensi krisis terkait. Misalnya, golongan darah P hanya dapat menerima transfusi dari donor dengan jenis yang sama.

Keberadaan golongan darah yang tidak umum seperti golongan darah P, sistem antigen Hh/Bombay, dan golongan darah Rh null menunjukkan kompleksitas variasi golongan darah di masyarakat.

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT