ADVERTISEMENT

Hasil Survei Elektabilitas Capres 2024

Selasa, 9 Januari 2024 19:50 WIB

Share
Hasil Survei Elektabilitas Capres 2024 Foto: POSKOTA/Ahmad Tri Hawaari
Hasil Survei Elektabilitas Capres 2024 Foto: POSKOTA/Ahmad Tri Hawaari

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Lembaga Median telah mengeluarkan hasil survei mengenai tingkat elektabilitas tiga pasangan calon yang akan berpartisipasi dalam Pemilihan Presiden 2024. 

Berdasarkan hasil tersebut, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memimpin, mengalahkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Hasil survei yang dikeluarkan oleh Lembaga Median pada hari Senin (8/1/2023) disampaikan oleh peneliti senior dari lembaga tersebut, Ade Irfan Abdurahman. Survei ini dilakukan pada rentang waktu 23 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024.

Lembaga Median mencatat bahwa survei ini dilakukan setelah debat pertama dan kedua Pemilihan Presiden 2024. Populasi sampel survei mencakup seluruh Warga Negara Indonesia yang memiliki hak pilih. 

Target sampel sebanyak 1.500 responden dengan margin of error sekitar +/- 2,53%, pada tingkat kepercayaan 95%. Proses pemilihan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan teknik multistage random sampling, dan proporsional terhadap populasi provinsi dan jenis kelamin.

Lembaga Median menerapkan metode wawancara tatap muka langsung dalam pelaksanaan survei ini, dan berikut adalah hasilnya:

Desember 2023:
Prabowo-Gibran: 43,1%
Anies-Cak Imin: 26,8%
Ganjar-Mahfud: 20,1%
Tidak tahu/tidak jawab: 10,0%

Berdasarkan penjelasan dari Lembaga Median, pasangan Anies-Cak Imin berhasil melampaui pasangan Ganjar-Mahfud dalam peringkat kedua. Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran masih bertahan di posisi pertama.

"Pasangan Ganjar-Mahfud disalip oleh pasangan AMIN, sekarang pasangan AMIN posisi kedua," kata Ade Irfan Abdurahman.

November 2023:
Prabowo-Gibran: 37,0%
Ganjar-Mahfud: 26,7%
Anies-Cak Imin: 25,4%
Tidak tahu/tidak jawab: 10,9%

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT