ADVERTISEMENT

Bandara Dhoho Kediri Siap Beroperasi Pekan Depan, Catat Tanggal dan Fasilitasnya

Selasa, 9 Januari 2024 09:21 WIB

Share
Bandara Dhoho Kediri Siap Beroperasi Pekan Depan. (Doc: Pemkab Kediri)
Bandara Dhoho Kediri Siap Beroperasi Pekan Depan. (Doc: Pemkab Kediri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Bandara Internasional Dhoho Kediri direncanakan siap beroperasi pada pekan depan, Senin (15/1/2024).

Mengutip dari Antara pada Selasa (9/1/2024), PT Angkasa Pura I melakukan simulasi operasional terminal penumpang Bandara Dhoho Kediri untuk mengukur tingkat pelayanan dan kesiapan sistem sebelum pengoperasian, Sabtu (6/1/2024)

General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Dhoho Kediri, I Nyoman Noer Rohim mengatakan, simulasi melibatkan ratusan personel yang berperan sebagai seluruh stakeholder operasional penerbangan.

Berbagai unsur itu, kata dia, mulai dari penumpang, petugas parkir, petugas aviation security, petugas customer service, hingga petugas groundhandling.

"Kami harapkan doa dan dukungan masyarakat agar persiapan final ini dapat berjalan lancar sehingga ikon baru kebanggaan masyarakat Kabupaten Kediri ini dapat segera dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia," kata I Nyoman Noer Rohim, dilansir oleh POSKOTA.

Melalui keterangannya, Bandara Dhoho Kediri sendiri merupakan Bandar Udara pertama yang dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Dalam hal ini, pembangunan Bandara tersebut dilakukan oleh PT Gudang Garam melalui anak perusahaannya PT Surya Dhoho Investama.

Failitas yang telah tersedia di dalam Bandara Dhoho Kediri diantaranya, yakni landasan pacu 3.300 x 60 meter, apron commercial 548 x 141 meter, beserta apron VIP 221 x 97 meter.

Kemudian, empat taxiway atau jalur perpindahan pesawat yang membentang sepanjang 306 meter x 32 meter dan 438 meter x 32 meter, dengan lahan parkir seluas 37.108 meter persegi.

Pada sisi darat, Bandara tersebut memiliki terminal penumpang seluas 18.224 meter persegi berkapasitas 1,5 juta penumpang per tahun. Nantinya Bandara ini juga melayani penerbangan internasional untuk haji dan umroh.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mutia Dheza Cantika
Editor: Mutia Dheza Cantika
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT